Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Apa Itu KataKreatif Dan UCCN? Temukan Jawabannya Disini

Apa Itu KataKreatif Dan UCCN? Temukan Jawabannya Disini

Program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif merupakan Program Prioritas Nasional pada RPJMN dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif sebagai leading sectornya.

Dalam implementasinya, Kementerian Parekraf mengidentifikasi potensi ekosistem ekonomi kreatif pada Kabupaten/Kota secara bottom-up melalui mekanisme pengisian borang dan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PMK3I).

Puncak dari Uji Petik PKM3I ini adalah penandatanganan berita acara oleh unsur Akademi, Bisnis, Community, Government, dan Media (ABCGM) dari setidaknya perwakilan komunitas masyarakat di 3 sub sektor unggulan di kabupaten/kota itu di hadapan Kepala Daerah dan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian Parekraf.

Di skala global, UNESCO membentuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UCCN) pada tahun 2004 untuk mempromosikan kerja sama dengan dan di antara kota-kota yang telah mengidentifikasi kreativitas sebagai faktor strategis untuk pembangunan kota yang berkelanjutan.

Sampai dengan saat ini ada 246 kota di dunia yang telah membentuk jejaring untuk bekerja sama menuju tujuan bersama, yakni menempatkan kreativitas dan industri budaya di jantung rencana pembangunan di tingkat lokal dan bekerja sama secara aktif di tingkat internasional.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Parekraf insya Allah akan memandu & memfasilitasi Kabupaten Ponorogo serta Kota Bitung untuk ditetapkan oleh UNESCO menjadi bagian dari UNESCO Creative Cities Network (UCCN) pada tahun 2023. Dengan demikian diharapkan kunjungan wisata turis dalam & luar negeri ke Ponorogo serta Bitung akan meningkat pesat sehingga bisa mendongkrak berbagai ekonomi kreatif di kedua daerah tersebut.

Share This: