Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Bersih Desa Di Masa Pandemi, Lurah Kauman Sempatkan Ziarah Kubur Pendahulu

Bersih Desa Di Masa Pandemi, Lurah Kauman Sempatkan Ziarah Kubur Pendahulu

Ponorogo – Bersih Desa / Kelurahan merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan di hampir setiap Desa / Kelurahan di Ponorogo. Hal itu sebagai pelestarian kearifan lokal yang syarat akan religiusitas dan budaya. Kali ini Kelurahan Kauman, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo berkesempatan menyelenggarakan acara tersebut, Jumat (17/07/2020).

Dari pantauan jurnalis Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga pihak Kelurahan Kauman memulai acara tersebut diawali dengan berziarah ke makam para tokoh pendahulu yang dimakamkan di Kelurahan tersebut. Seperti makam Raden Mas Tumenggung Adipati Tjokronegoro (Bupati ke 2 Ponorogo) yang terletak persis di belakang Masjid Agung RMAA Tjokronegoro Ponorogo.

“Kita wajib mengingat dan mendoakan leluhur kita yang telah lebih dulu berjuang”, kata Binti Agustiana, Lurah Kauman usai menziarahi makam Alm. Bupati ke dua Ponorogo itu.

Binti mengungkap selain ziarah makam, pihak kelurahan Kauman akan mengadakan Khataman Al Qur’an dan berdoa bersama dengan tetap patuh dan disiplin standard protokol kesehatan.

“Karena masih di masa pandemi covid19, Khataman diadakan di 3 Mushola malam hari ini. Masing-masing Mushola membaca 10 Juzz. Kemudian untuk selametan besok, Sabtu (17/07/2020) kita adakan di balai desa dengan jumlah orang terbatas, 15 orang (Perangkat desa dan warga sekitar)”, jelasnya.

Binti, Lurah yang ramah dan tegas tersebut menambahkan untuk hari ini difokuskan ziarah ke makam para leluhur. Dengan peserta dari pihak perangkat desa saja.

“Kelurah pertama Kauman dan kedua. Lokasinya tidak jauh dari makam Bupati ke dua Ponorogo”, pungkasnya.

Share This: