Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Bersih Makam, Potret Gotong Royong, Religiusitas Dan Budaya Warga Ponorogo Sambut Ramadhan

Bersih Makam, Potret Gotong Royong, Religiusitas Dan Budaya Warga Ponorogo Sambut Ramadhan

Ponorogo – Sobat fantastis, budaya gotong royong membersihkan makam menjadi ciri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan di wilayah bumi Reyog Ponorogo. Seperti halnya di makam Bogo, desa Jimbe, Kecamatan, Jenangan. Puluhan warga membersihkan makam dan menggelar doa bersama, Minggu (19/03/2020).

Dari pantauan jurnalis disbudparpora dari mulai pukul 06:30 WIB, warga mulai berduyun-duyun mendatangi makam dan mulai membersihkan rumput liar di makam tersebut.

Ali Mahmud tokoh agama desa Jimbe mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

“Rutin sebelum ramadhan kita membersihkan makam”, katanya.

Ali Mahmud menuturkan selain membersihkan makam mereka juga berdoa bersama kepada lelulur dan para saudara-saudari yang sudah dahulu di panggil Sang Khalik.

“Mudah-mudahan yang masih hidup juga terus mendapat perlindungan Allah, utamanya kali ini beda karwena ada Covid19,” harapnya.

Sementara itu, Heru Susanto perangkat desa Jimbe menambahkan untuk warga yang masih dalam perantauan untuk tidak mudik dahulu untuk nyekar dan lainnya.

“Kita berdoa dan usaha juga, jika sayang kami tunda dulu mudiknya”, pungkasnya.

Share This: