Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Dibantu Dishub Jawa Timur, Wisata Air Ngebel Semakin Aman

Dibantu Dishub Jawa Timur, Wisata Air Ngebel Semakin Aman

Ponorogo – Dalam rangka kampanye angkutan sungai, danau dan penyeberangan tahun 2020 Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur berikan bantuan 200 life jacket dan 100 ring buoy kepada pelaku wisata air di Telaga Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Hal itu mendapat sambutan antusias dari Dishub Ponorogo, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) serta pengusaha speed boat dan perahu sebagai penerima. Selain itu, pihak Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional juga berikan pelatihan keselamatan.

Saikudin, Kepala Bidang perhubungan laut dan LLASDP Dishub Provinsi Jawa Timur mengatakan bantuan tersebut secara berkala dilakukan dan khusus diberikan kepada Kabupaten/Kota yang memiliki danau dan sungai di wilayah Jawa Timur dalam program kampanye keselamatan angkutan sungai, danau, dan penyeberangan.

“Dan untuk hari ini, kampanye keselamatan di Telaga Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Kita hari ini Selasa (17/11/2020) memberikan bantuan 200 life jacket dan 100 ring buoy untuk pelaku wisata air di Telaga Ngebel,” katanya usai penyerahan bantuan.

Dengan bantuan tersebut, Djunaedi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo, menyambut dengan senang dan karena di Ponorogo belum ada bagian tersebut maka sangat membantu Ponorogo dan masyarakat.

“Segi manfaatnya cukup besar Mas. Nyuwun sewu di wilayah Kabupaten Ponorogo, ada wisata air yaitu Telaga Ngebel,” jelasnya.

Hal senada disampaikan R. Muharjadi, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Disbudparpora, namun demikian para wisatawan juga harus sadar akan penggunaan keselamatan angkutan air karena dengan banyaknya life jacket dari pihak terkait tersebut. Hal itu, dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan bersama.

“Kedepannya, pengunjung tidak ragu, tidak was-was, tidak takut untuk menggunakan fasilitas wisata air. Sehingga semakin banyak yang berkunjung semakin dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku wisata dan tentu menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah),” jelasnya.

Sementara itu, Saipuan dari komunitas speed boat telaga Ngebel menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dishub Jawa Timur dan Dishub Kabupaten Ponorogo dengan adanya program itu.

“Sangat membantu sekali kepada kita. Pengusaha speed boat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, selain dari pihak Dishub dalam program tersebut Basarnas juga turut andil dalam memberikan pelatihan keselamatan kepada para undangan.

Share This: