Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Dirjen Kemendes PDTT Lakukan Kunjungan Kerja

Dirjen Kemendes PDTT Lakukan Kunjungan Kerja

Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Desa (Pemdes) terus berupaya bersinergi untuk menyejahterakan masyarakat melalui beberapa sektor. Salah satunya sektor potensi wisata.

Dengan adanya Pengembangan Obyek Wisata (POW) untuk desa wisata diyakini bisa menjadi salah satu cara untuk memajukan sebuah desa. Terutama dengan melakukan kolaborasi dan optimalisasi potensi yang ada masing-masing desa.

Hal itu dikatakan Sugito, Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pada Kunjungan Kerja di obyek wisata Sumorobangun Flowers (SBF), Desa Biting, Kecamatan Badegan, Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (25/9/2021).

Sugito, putra daerah kebanggaan Ponorogo itu menyampaikan salah satu poin penting adalah bagaimana mendorong ekonomi bagi desa. Salah satunya yaitu dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

“Awalnya Desa Biting ini kan desa yang miskin atau disebut daerah desa yang tertinggal. Kemudian ditangan inovasi Pak Kades, semua di kembangkan dengan melihat, oh ini ada yang bagus dengan menggunakan dana desa dan dengan potensi yang ada kementrian ini kita bisa dukung, agar ini bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengungkap membangun negara yang berbasis desa sangat penting sekali. Bahkan ia mendapat tugas dari Menteri Kemendes PDTT, untuk segera menghapus kemiskinan ekstrim yang ada di Ponorogo.

“Nah, upaya-upaya untuk menjual wisata bagaimana apapun ini, semata-mata untuk kesejahteraan dan kemajuan Indonesia, kemajuan rakyat dari desa,” paparnya.

Bambang Warsito, Kepala Desa Biting menambahkan sangat berterimakasih kepada Bupati Ponorogo dan Dirjen Kemendes PDTT atas kunjungan dan dukungannya untuk desa Biting. Selain itu, juga menyampaikan ada yang baru di desa Biting untuk memanjakan wisatawan.

“Yakni paralayang dan paramotor,” pungkasnya.

Sebagai informasi, selain melakukan kunjungan kerja ke desa Biting, rombongan dirjen Kemendes PDTT dan rombongan Pemkab Ponorogo juga melakukan kunjungan ke desa Pajeng dan desa Paringan, Kecamatan Jenangan serta Wisata andalan Ponorogo Telaga Ngebel. Kemudian rombongan bertolak ke Desa Polorejo, Babadan.

Share This: