Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Disbudpar Jatim Bawa Rombongan Jurnalis Media Nasional Famtrip Ke Ponorogo

Disbudpar Jatim Bawa Rombongan Jurnalis Media Nasional Famtrip Ke Ponorogo

Rombongan Famtrip Jurnalis Media Nasional berfoto bersama jajaran pejabat Dinas Pariwisata Ponorogo, di Gedung Padhepokan Reyog, Rabu (23/1) sore.

Ponorogo – Kementerian Pariwisata RI dan Disbudpar Provinsi Jawa Timur kembali menunjuk Ponorogo sebagai salah satu destinasi familiarization trip (famtrip) rombongan jurnalis media nasional, pada Rabu (23/1). Ponorogo menjadi salah satu tujuan setelah sebelumnya rombongan famtrip ini berkunjung ke Magetan, dan setelah Ponorogo mereka akan bertolak ke Nganjuk dan Kediri. Sebanyak 25 orang jurnalis media nasional dan beberapa kreator konten media sosial tiba di Ponorogo pada Rabu sore, dan langsung disambut oleh Kepala Dinas Pariwisata, Lilik Slamet Raharjo, beserta jajaran.

Tujuan dari diadakannya kegiatan famtrip ini ialah untuk mendekatkan jurnalis dari sejumlah media nasional serta para kreator konten media sosial pada potensi-potensi wisata daerah. Kemenpar RI berkomitmen, kegiatan famtrip semacam ini rutin dilaksanakan demi meningkatkan exposure pariwisata lokal. Inipun menjadi kali kedua dalam beberapa bulan terakhir Ponorogo ditunjuk sebagai destinasi famtrip, setelah pada September lalu Kemenpar dan Disbudpar Provinsi Jatim juga membawa rombongan jurnalis dari Negara Jepang ke Ponorogo.

Para jurnalis tengah mendokumentasikan proses pembuatan dhadhak merak di sentra kerajinan Reyog Ponorogo milik Pak Sarju, Desa Carat, Kecamatan Kauman.

Setelah sambutan bersama jajaran pejabat Dinas Pariwisata Ponorogo, rombongan famtrip kemudian beranjak menuju tujuan pertama, yaitu sentra kerajinan Reyog Ponorogo milik Pak Sarju di Kecamatan Kauman. Di tempat tersebut, para jurnalis tampak begitu antusias melihat, meliput, dan menggali berbagai informasi terkait pembuatan serta pemasaran berbagai instrumen kesenian Reyog Ponorogo yang diproduksi. Antusiasme tersebut diakui mereka lantaran ini merupakan kali pertama mereka berkunjung dan melakukan liputan mengenai seni Reyog di Ponorogo.

Kadispar Lilik Slamet Raharjo (tiga dari kiri) sesaat sebelum bersantap bersama para jurnalis di Sate Ayam H.Tukri Sobikun, Kampung Sate Nologaten.

Selanjutnya, mereka diajak menikmati sajian kuliner khas Bumi Reyog; sate ayam Ponorogo. Di depot sate ayam H.Tukri Sobikun yang legendaris dan terletak di Kampung Sate Nologaten tersebut, para peserta famtrip dimanjakan dengan sajian sate ayam yang membuat mereka begitu puas dan kenyang. Menurut mereka, selain ukuran sate yang besar, bumbu sambal kacang pada sate ayam Ponorogo begitu nikmat dan menggugah selera.

Sebagai tujuan akhir dari famtrip kali ini, rombongan jurnalis kemudian bertandang ke Alun-alun Ponorogo, dimana malam itu bertepatan dengan diadakannya Pentas Reyog Malam Bulan Purnama. Meski sempat diawali rintik hujan, namun tak menyurutkan semangat antusiasme para jurnalis dalam meliput sekaligus menikmati pertunjukan Reyog Ponorogo yang telah mendunia tersebut. – NM

Share This: