Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Dukung UMKM Hebat Dan Ekonomi Kreatif, Pemkab Ponorogo Adakan Pelatihan Batik Ecoprint

Dukung UMKM Hebat Dan Ekonomi Kreatif, Pemkab Ponorogo Adakan Pelatihan Batik Ecoprint

Pemerintah Kabupaten Ponorogo terus berupaya bangkitkan perekonomian di masa pandemi, melalui program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Ekonomi Kreatif menuju UMKM Hebat adakan pelatihan batik ecoprint bagi anggota koperasi di aula gedung Decopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah), Selasa (23/03/2021). Pelatihan ini diharapkan mampu dorong perkembangan perekonomian masyarakat yang sempat terhambat pandemi Covid19.

Lisdyarita, Wakil Bupati Ponorogo mengatakan, dengan pelatihan tersebut pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada Perdagkum. Apalagi dimasa pandemi covid19, pelatihan batik ecoprint bisa menumbuhkan ekonomi adalah UMKM.

“Jadi dengan adanya pelatihan ini, disatu sisi dia (batik ecoprint) batik yang sedang ngetrend, dan batik ini memakai bahan-baham dari alam. Nah, apalagi dimasa go green, pangsa pasarnya juga luar biasa,” kata Bunda Lisdya, sapaan akrab Wabup Ponorogo.

Bunda Lisdya mengungkap batik ecoprint selain di Indonesia, diluar negeri juga sedang booming. Akhir-akhir ini malah bakalan menembus pasar Eropa.

“Nah, ini suatu pangsa yang luar biasa,”tegasnya.

Bunda Lisdya, berharap kegiatan pelatihan tidak berhenti di pelatihan saja, namun bisa langsung dibantu untuk pemasarannya. Tidak hanya melalui online, tetapi juga dengan melalui market place.

“Jadi mungkin kita bisa bekerjasama dengan Jatim Market gitu ya. Mungkin bisa juga dengan market place yang lain,” paparnya.

Sementara itu, Addien Andanawarih Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkum), menuturkan selanjutnya pemasaran dari hasil pelatihan akan diberikan pendampingan oleh dinas Perdagkum, dengan cara pameran secara offline maupun online.

“Alhamdulillah kita sudah banyak memiliki pasaran online, diantaranya www.ponorogo.go.id, kita juga mempunyai Jhatil Mart, yang mana nanti kita bisa bertransaksi untuk produk-produk UMKM,” jelasnya.

Share This: