Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Gebyar 2019 Penari Jathil Jadi Event Akbar Pembuka Tahun Wisata 2019 dan Pecahkan Rekor MURI

Gebyar 2019 Penari Jathil Jadi Event Akbar Pembuka Tahun Wisata 2019 dan Pecahkan Rekor MURI

Ribuan penari pelajar dari lebih dari 100 sekolah tingkat menengah akan terlibat sebagai performer Gebyar 2019 Penari Jathil, Februari mendatang.

Ponorogo – Jelang satu event akbar dalam rangkaian 10 Top Event Tahun Wisata Ponorogo 2019 yang akan digelar bulan depan, yaitu Gebyar 2019 Penari Jathil, Dinas Pariwisata Ponorogo terus lakukan pematangan persiapan. Terbaru, telah digelar rapat gabungan yang melibatkan sejumlah stakeholder penanggungjawab acara, diantaranya Polres Ponorogo, Satpol PP, Dinas Perdagkum, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, serta Kemenag Ponorogo pada Rabu (30/1) bertempat di Dinas Pariwisata Ponorogo.

Rapat tersebut membahas sejumlah persiapan penting, seperti kesiapan jumlah penari. Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata, Bambang Wibisono, mengatakan bahwa target jumlah penari 2019 diprediksi akan dapat segera dipastikan sebelum pelaksanaan latihan massal, pekan depan. “Sampai dengan saat ini, data yang sudah masuk ke kami, ini akan melibatkan ribuan pelajar dari total sebanyak 111 sekolah se-Kabupaten Ponorogo”, tutur Bambang.

Jumlah tersebut terdiri dari 73 SMP negeri dan swasta, 30 SMA/SMK negeri dan swasta, serta 6 MTs dan 2 MA yang ada di Kabupaten Ponorogo. Hingga rapat persiapan digelar, data yang telah terkonfirmasi mencatat total 1990 orang penari jathil. Itu artinya, diperlukan kurang dari 30 orang penari saja untuk memenuhi target jumlah 2019 penari jathil, yang ditargetkan dapat dipastikan dalam beberapa hari ke depan. “Kita harapkan sebelum akhir pekan ini sudah bisa dipastikan”, imbuh Bambang.

Dinas Pariwisata Ponorogo merencanakan dalam event tersebut nanti akan dihadiri oleh seluruh kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) se-Provinsi Jawa Timur, yang kebetulan Kabupaten Ponorogo akan menjadi tuan rumah dari agenda rapat koordinasi kepala Disbudpar dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Selain itu, Gubernur Jawa Timur serta jajaran Disbudpar Provinsi Jatim juga diharapkan dapat menghadiri event akbar pembuka Tahun Wisata Ponorogo 2019 tersebut.

Gebyar 2019 Penari Jathil libatkan sejumlah seniman dan koreografer kenamaan

Dalam event Gebyar 2019 Penari Jathil nanti juga akan dilaksanakan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pagelaran tari dengan penari jathil terbanyak. “Kita sudah ajukan permohonan resmi dengan surat melalui e-mail, dan kita sedang menunggu balasannya. Tapi pada prinsipnya, melalui komunikasi secara lisan pihak MURI telah mengonfirmasi pemecahan rekor pada event ini”, terang Bambang.

Gebyar 2019 Penari Jathil akan dihelat pada Minggu 17 Februari 2019 mendatang bertempat di Aloon-aloon Ponorogo. Menilik besarnya jumlah penari yang dilibatkan, Dinas Pariwisata telah memutuskan untuk tidak memberi pagar barikade yang membatasi venue acara dengan penonton. Namun Dinas Pariwisata berharap dan menghimbau pada penonton nantinya agar secara mandiri menertibkan diri agar tidak ‘memakan’ ruang gerak para penari dan menjaga kenyamanan bersama dalam menikmati pertunjukan. – NM

Share This: