Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Grebeg Tutup Suro 2022, 8 Buceng Diporak

Grebeg Tutup Suro 2022, 8 Buceng Diporak

Sebagai rasa syukur atas limpahan rejeki dari Yang Maha kuasa, masyarakat wilayah barat Ponorogo atau yang sering disebut “Kulon Kali” menggelar Kirab Buceng Porak dalam rangkaian Grebeg Tutup Suro 2022 Kabupaten Ponorogo (25/8/2022). Sebanyak 8 buceng yang dibuat dari berbagai hasil bumi masyarakat sekitar dikirab dari Kantor Kecamatan kauman menuju Monumen Bantarangin.

Masyarakat begitu antusias dengan arak-arakan buceng porak yang dibawa menuju Monumen bantarangin. Sesampainya di lokasi, buceng porak disebar pada 8 titik yang berbeda kemudian diperebutkan oleh masyarakat. Dipercaya masyarakat, bagi yang mendapatkan hasil bumi tersebut juga akan diberi kelancaran rezeki.

Inilah tradisi yang diwariskan leluhur dan dijaga masyarakat Ponorogo sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia alam subur dan hasil bumi yang melimpah.

Kang Bupati Sugiri Sancoko berharap, tradisi ini akan terus dijaga sampai kapanpun. Tidak hanya sebagai wujud menghormati leluhur, juga sebagai wujud kesiapan generasi penerus melanjutkan cita-cita mereka dalam memakmurkan Ponorogo.

“Grebeg tutup suro harus terus ada sampai kapanpun. Ini bagian dari cara kita menghormati leluhur, nguri-nguri budaya,” ujar Kang Bupati.

Share This: