Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Habit Menangkar Merak, Solusi Atasi Kekurangan Bulu Merak

Habit Menangkar Merak, Solusi Atasi Kekurangan Bulu Merak

Salah satu bagian Reog yang menjadi sorotan adalah dadak merak, karena membutuhkan bulu merak yang banyak. Kemudian keterbatasan bulu merak di wilayah Kabupaten Ponorogo dan diluar wilayah Kabupaten Ponorogo menjadi sebuah persoalan yang harus dijawab.

Menghadapi tantangan itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko tengah mengupayakan yang dimulai dengan kawan-kawan komunitas, untuk menghabitkan (membiasakan) sesuatu yang masih belum habit yaitu habit menangkar merak. Ia juga menyebut dari komunitas-komunitas kini berternak merak sudah mulai merebak.

“Ketika perternakan ayam itu menjadi habit disetiap rumah tangga, maka akan menjadi mudah. Nah, kami sedang menghabitkan sesuatu yang masih belum habit ini,” katanya, dirumah dinas Bupati, Senin (07/03/2022).

Kang Bupati Sugiri menyebut kebiasaan menernak merak memang hal baru, seperti orang dahulu menernak merpati. Tetapi jika sudah biasa maka akan menjadi hal yang luar biasa agar gampang dibina, diberdayakan dan dihidupkan di setiap rumah tangga.

“Saya mimpi besar besok itu setiap rumah tangga, setiap peternakan, setiap penghobi menangkar merak dalam budaya yang serentak. Sehingga kemudian kebutuhan akan bulu merak akan tercukupi dari sana,” paparnya.

Ia menambahkan akan mendorong UMKM dan rakyat untuk bersama-sama menangkar merak. Karena perawatan merak sangat mudah.

“Toh saya bisa. Sesibuk saya masih bisa. Artinya rakyat yang tidak sibuk, itu lebih bisa daripada saya,” pungkasnya.

Share This: