Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Halal Bihalal Reog, Ajak Masyarakat Doakan Reog Tercatat Di ICH UNESCO

Halal Bihalal Reog, Ajak Masyarakat Doakan Reog Tercatat Di ICH UNESCO

Halal Bihalal seniman Reog di Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo berlangsung sangat meriah. Pada kesempatan itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mendukung Reog Road To UNESCO.

Sebanyak 20 dadak merak, 25 Jathil dan 14 Bujang Ganong serta puluhan seniman dan budayawan Reog asli wilayah Kecamatan Ngebel tumplek blek hadiri Halal Bihalal. Pada kegiatan melebur dosa dan mempererat persaudaraan itu disaksikan oleh ratusan wisatawan yang datang ke telaga Ngebel.

Tentu saja acara berlangsung sangat meriah. Terlebih pada kesempatan itu, seluruh Dadak Merak, Jathilan dan Bujang Ganong unjuk gigi memainkan kesenian yang adiluhung asli produk Ponorogo.

“Para seniman Reog, baik Pembarong, Pemusik, Jathilan, Ganongan, Pentulan, dan seduoyo yang hadir. Lahir batin, tepuk tangan untuk saudara Reog Ponorogo,” kata Kang Bupati Sugiri, didepan seluruh khalayak yang hadir, di dermaga Telaga Ngebel, Minggu (22/05/2022).

Kang Bupati Sugiri mengungkap hari ini menjadi puncak kecintaan masyarakat terhadap Reog Ponorogo. Hal itu, menurut Kang Bupati terbukti dengan tumplek bleknya 20 Dadak Merak di wilayah kecamatan Ngebel.

“Tepuk tangan. Luar Biasa,” ucapnya.

Ia menambahkan mengajak masyarakat dan seluruh elemen untuk tetap mendoakan Reog dapat diakui ICH UNESCO. Kemudian Reog bisa menjadi pelecut seluruh wisata di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Hadir dalam gelaran tersebut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, Pembina Yayasan Reog Ponorogo, Heru Sangoko, Camat Ngebel Dwi Cahyanto dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca).

Share This: