Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Jambu Kristal, Bakal Jadi Icon Desa Ngrupit

Jambu Kristal, Bakal Jadi Icon Desa Ngrupit

Ponorogo – Sobat Fantastis, desa-desa di Kabupaten Ponorogo, terus berupaya memperkenalkan potensi desa yang dimiliki. Kali ini di desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, kenalkan hasil panen Jambu Kristal, Kamis, (27/02/2020). Jambu Kristal ini nantinya bakal menjadi icon desa Ngrupit dan masih dikembangkan untuk agrowisata.

Edi Sartono pemilik kebun jambu kristal mengatakan budi daya jambu kristal ini sudah ia tekuni selama 3 tahun dengan peluang pasar yang masih sangat luas. Hal itu dibuktikan dengan penjualan ke tetangga dan online. Bahkan Edi mengaku sampai kekurangan stok jambu apabila banyak permintaan.

“Karena di Ponorogo, masih jarang, kita jual 15.000 rupiah sampai 17.000 rupiah per kilogramnya, harga petani,” katanya.

Suherwan Kepala Desa Ngrupit menambahkan kedepan desa Ngrupit bisa punya icon jambu kristal. Kemudian untuk di dukuh Gentan sendiri saat ini ada sekitar 1000 pohon jambu.

“Kita, kembangkan lagi Mas, menjadi icon desa dan tentunya juga bisa dikembangkan agrowisata,” Imbuhnya.

Sementara itu Andi Susetyo, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertan) berharap kedepan desa Ngrupit tidak hanya banyak produk holtikulturanya saja, tapi juga pengembangan agrowisata.

“Kedepannya nanti bisa ada combinasi dari Kami (Dispertan) dan dana desa sehingga bisa membentuk agrowisata,” Ujarnya.

Dukungan untuk jambu kristal juga dinyatakan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat mengunjungi dan mencoba langsung jambu kristal milik Edi, bersama Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno, Anggota DPRD Komisi D Eka Miftahul Huda, Kadin Dispertan, Andi Susetyo, dan jajaran serta forkopimca.

“Ini bagus, dan harus dikembangkan,” Pungkas Ipong.

Sebagai informasi jambu kristal ini adalah jambu tanpa biji yang memiliki rasa manis dan memiliki ukuran yang besar. Jadi sobat fastastis kalau penasaran dan ingin menikmati jambu kristal datang ke dukuh Gentan, Desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Ayo Ke Ponorogo.

Share This: