Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Jaranan Thek, Kampanye Sadar Sampah

Jaranan Thek, Kampanye Sadar Sampah

Ponorogo – Sobat Fantastis, pasti sudah tidak asing dengan kesenian jaranan thek? Betul, jaranan thek merupakan salah satu, warisan budaya yang juga sangat hidup dan diminati masyarakat Ponorogo. Pada kesempatan kali seni budaya jaranan thek diajak untuk kampanye sadar sampah dalam rangka hari sampah Nasional. Kampanye tersebut diadakan Gerakan Pemuda Ansor dan Pengelola Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Tonatan, di halaman TPST, Jl. Parikesit, Jeruk Sing, Ponorogo, Sabtu (21/02/2020). Hal itu cukup berhasil karena ribuan masyarakat Ponorogo, tumpek blek datang ke acara tersebut.

Ketua GP Ansor Cabang Ponorogo, Syamsul Ma’arif mengatakan sengaja menggaet budaya jaranan thek untuk berkampanye sadar sampah dirasa lebih efektif dan terkesan tidak kaku. Hal ini untuk mengumpulkan masyarakat sebanyaknya agar datang dan kampanye sadar sampah tersampaikan kepada masyarakat.

“Kesenian itu salah satu unsur yang penting, karena kita susah kalau menyampaikan sesuatu secara alamiah, secara wajar. Kalau rapat Akbar, kaku. Kalau melalui kesenian dirasa mampu untuk melunakan itu semua, menjadi cair dan mudah di ingat,” kata Syamsul.

Masih lanjut Syamsul, walaupun pada awalnya warga berniat melihat jaranan thek namun pesan dan kesan akan kesadaran terhadap sampah bisa tersampaikan.

“Bayangin kalau kampanye sadar sampah disituasi rapat, jadinya akan kaku,” Ujarnya.

Hal senada disampaikan Harianto pengelola TPST Tonatan, dengan seni jaranan thek bisa menjadi instrument untuk mengumpulkan masyarakat untuk mencintai budaya dan sadar sampah.

“Harapan Saya, ini menjadi edukasi dan sosialisasi untuk masyarakat,” Pungkasnya.

Sobat Fantastis, mari bersama tetap jaga budaya dan menjaga Ponorogo tetap bersih dari sampah. Agar Kita semua nyaman dalam menikmati budaya dengan tempat pagelaran yang nyaman dan bersih seperti yang bisa Kita saksikan dan rasakan di halaman TPST Tonatan, walau TPST, namun tetap bersih dan tidak bau sampah. Selamat hari sampah Nasional, “Buanglah sampah pada tempatnya”. Ayo Jaga Ponorogo tetap bersih.

Share This: