Kakang Abdiel Dan Senduk Excelsya Dinobatkan Sebagai Duta Wisata Ponorogo 2023

Ponorogo Tourism

Kakang Abdiel Dan Senduk Excelsya Dinobatkan Sebagai Duta Wisata Ponorogo 2023

Grandfinal Duta Wisata Kabupaten Ponorogo Kakang Senduk 2023 telah digelar pada malam puncak Pekan Kreatif Ponorogo, Sabtu (28/10/2023). Abdiel Dzaka Islamy W. Terpilih sebagai Kakang 2023 dan Excelysa Ayuarnada S. B. Sebagai Senduk 2023.

Kang Sugiri menyebutkan bahwa para pemenang tidak hanya hebat Sumber Daya Manusia (SDM)-nya, juga harus berakhlak, mempunyai budi pekerti yang baik.

Ia mengatakan bahwa majunya wisata menjadi salah satu point visi-misi. Pariwisata penting untuk menumbuhkan ekonomi, pemilihan Kakang Senduk salah sati variabel untuk ekosistem wisata.

“Kami sedang menciptakan wisata yang ramah lingkungan, religius, kelak kedepan residu pasca wisata agak sedikit kami kurangi. Menjadi kota wisata budaya dan santri itu prinsipnya,” ujar Kang Sugiri.

Pada grandfinal, para finalis harus menjawab pertanyaan yang telah disiapkan dan dinilai oleh dewan juri. Terdapat 4 juri penilai masing-masing dari Dosen STKIP Ponorogo, UNMUH Ponorogo, UNIDA Ponorogo, Disbudparpora Kabupaten Ponorogo dan ada 1 dewan juri tamu dari Puteri Indonesia, Virginia Leonard Indrayana.

Kelima juri tersebut menilai jawaban dari para semifinalis yang berbobot 20% dari total penilaian. 80% lain diperoleh dari serangkaian tes dari awal.

“Penilaian itu sejak awal tahapan sampai grandfinal ini. Grandfinal porsinya 20 persen dari total penilaian,” tutur Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi.

Ia menambahkan, Duta Wisata Kakang Senduk menjadi generasi hebat, cerdas & berbudaya. Diharapkan mereka mempunyai kemampuan olah batin luhur, mantap dan mapan dalam menempatkan diri kapanpun dan dimanapun.

Share This: