Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Kirab Dan Jamas Pusaka Ponorogo Berlangsung Meriah Dan Khidmat

Kirab Dan Jamas Pusaka Ponorogo Berlangsung Meriah Dan Khidmat

Kirab Pusaka dalam rangka Grebeg Suro dan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke-526 berlangsung meriah. Puluhan ribu warga tumplek blek di rute Kirab Pusaka.

Mulai dari titik pemberangkatan rombongan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Wakil Bupati Ponorogo Bunda Lisdyarita dan Forkompinda disambut meriah oleh ratusan warga sekitar dan para wisatawan yang menyaksikan kirab, Jumat (29/07/2022). Suasana bertambah semarak saat rombongan kereta kuda membagikan jajanan kepada puluhan ribu warga masyarakat di sepanjang rute jalan kirab pusaka yakni, Jl. Niken Gandini – Jl. Bathoro Katong – Jl. Ahmad Dahlan – Jl. HOS Cokroaminoto – Jl. Jend. Soedirman dan Jl. Aloon-aloon Timur.

Dan tibalah rombongan di Paseban Aloon-Aloon Ponorogo untuk prosesi penjamasan tiga pusaka Kabupaten Ponorogo yaitu Tombak Tunggul Wulung, Angking Cinde Puspito dan payung Songsong Tunggul Nogo. Pada pelaksanaan penjamasan berlangsung cukup khidmat.

Kang Bupati Sugiri mengatakan dengan berjalan baiknya kirab pusaka ini, diharapkan para generasi penerus mampu mengingat para leluhur dan pendiri Kabupaten Ponorogo. Selain itu juga mendoakan dan menumbuhkan spirit satu Muharram.

“Kenapa kemudian kami agak membesarkan pada saat tahun baru Islam ini, agar kami kemudian diilhami. Bahwa spirit Rosullah hijrah, hijrah dari segala hijrah. Tidak hanya fisik saja, tetapi juga hijrah mindset, hijrah peradaban dan hijrah pola pikir,” ujarnya

Usai penjamasan juga masih ada yang paling di tunggu masyarakat yaitu membasuh atau mengambil air pada wadah jamasan untuk membasuh muka dan diminum. Tentu saja hal itu menambah rasa suka cita dan keceriaan di event ini.

Selanjutnya, tibalah tumpeng purak yang berisi ayam panggang, sayur mayur, dan buah-buahan tak luput menjadi rebutan warga. Mereka menyakini bila mendapatkan kedua hal tersebut dapat mendatang barokah.

“Ini dapat sayur dan buah. Tahun lalu ngga dapat sayur. Ya, semoga barokah dan dilancarkan rezeki atas kehendak Allah SWT,” ucap Mutiari warga Karang Gebang, Jetis.

Share This: