Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Lima Ribu Wisatawan Padati Kawasan Wisata Telaga Ngebel, Meriahkan Pesta Durian 2019

Lima Ribu Wisatawan Padati Kawasan Wisata Telaga Ngebel, Meriahkan Pesta Durian 2019

Para wisatawan rela berdesakan untuk mendapatkan durian gratis yang telah disediakan panitia. Meski ramai, namun pembagian durian gratis tetap berjalan aman dan lancar.

Ngebel – Tumpah ruah. Ungkapan itu mungkin cukup untuk menggambarkan suasana kawasan wisata Telaga Ngebel, pada Minggu (24/2) pagi-siang. Ribuan wisatawan berbondong-bondong mengunjungi Telaga Ngebel sejak pagi lantaran ingin ikut larut dalam kemeriahan Pesta Durian 2019 yang diadakan Pemkab Ponorogo sebagai salah satu dari 10 Top Event Pariwisata Ponorogo 2019. Sebanyak dua ribu buah durian gratis menjadi daya tarik utama antusiasme wisatawan.

Acara yang sedianya dimulai pukul 9 pagi ini pun tak ayal telah dipadati pengunjung bahkan sejak 1 jam sebelumnya. Ruas jalan keliling Telaga Ngebel pun tak terelakkan dari antrean dan kemacetan yang cukup panjang menuju venue acara Pesta Durian di Lapangan Kecamatan Ngebel. Jelang kehadiran Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, dan Wakil Bupati Ponorogo, Sudjarno, beserta rombongan pun para pengunjung sudah mulai mengantre untuk mendapatkan durian gratis.

Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo, Lilik Slamet Raharjo, saat menyampaikan laporan kegiatan event Pesta Durian sebagai salah satu Top Event Pariwisata Ponorogo 2019.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, tampak antusias mencicipi durian khas Ngebel.

Dalam sambutannya membuka acara, Bupati Ipong mengatakan bahwa potensi durian yang dimiliki Ponorogo khususnya Ngebel luar biasa. Ia mengatakan setidaknya tercatat ada sebanyak 6287 pohon durian tersebar di Kecamatan Ngebel yang setara dengan 600 hektar lahan perkebunan. Hal tersebut tak mengherankan sebab wilayah Ngebel memang berada di lereng Gunung Wilis yang bercuaca dingin sehingga menjadi tempat yang cocok untuk pembudidayaan berbagai produk agro, khususnya buah durian dan tanaman kopi.

“Kita ingin ke depan agar Ponorogo ini tidak hanya dikenal sebagai kabupaten daerah asalnya Seni Reyog, tapi juga daerah tempatnya durian enak”, tutur Bupati Ipong.

Ekspresi kegembiraan pengunjung Telaga Ngebel usai mendapatkan durian gratis.

Menurut catatan Dinas Pariwisata Ponorogo, kunjungan wisatawan ke Telaga Ngebel pada event Pesta Durian ini bahkan diperkirakan lebih besar dibandingkan dengan saat Larungan Telaga Ngebel pada rangkaian Grebeg Suro, maupun dengan momentum Malam Tahun Baru. Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Atraksi Wisata, Edi Darwanto, memperkirakan sekitar lima ribu wisatawan berkunjung ke Telaga Ngebel pada event Pesta Durian. “Larungan dan Tahun Baru saja biasanya sekitar tiga ribuan wisatawan. Kali ini portal tiket dan petugas kita sampai kuwalahan. Kita tidak menyangka antusiasme wisatawan sampai seperti itu,” ungkap Edi.

Berkaitan dengan sejumlah keluhan dari pengunjung tentang pelaksanaan Pesta Durian, Edi Darwanto mengatakan hal-hal tersebut akan menjadi catatan penting dan evaluasi bagi Dinas Pariwisata Ponorogo untuk penyelenggaraan selanjutnya. “Yang penting secara keseluruhan acara sukses dan para pengunjung senang”, pungkas Edi.

Selain buah durian, sejumlah produk unggulan hasil olahan masyarakat Ngebel juga dipamerkan pada event Pesta Durian.

Meski event Pesta Durian sebagai event pariwisata telah usai, namun para wisatawan masih dapat terus menikmati buah durian yang ada di kawasan wisata Telaga Ngebel dalam beberapa pekan ke depan. Hal ini mengingat saat ini merupakan puncak panen durian yang ada di wilayah Kecamatan Ngebel. Selain di sekitaran telaga, para wisatawan juga dapat berkunjung dan bahkan memetik sendiri durian pilihan, atau mencoba menyicipi varietas durian unggulan asli Ngebel, yaitu Durian Kanjeng, di Kampung Durian Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel. – NM

 

Share This: