Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Muhipo Dukung Reog Menuju UNESCO

Muhipo Dukung Reog Menuju UNESCO

Pengambilan video dan dukungan guna memenuhi Dossier pengajuan Reog sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) UNESCO terus berlanjut. Pemerintah Kabupaten Ponorogo bersama tim asistensi bekerja keras tanpa mengenal kata lelah.

Kali ini, bertempat spot hall Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Ponorogo (Muhipo) tim kembali bekerja, Selasa (08/03/2022). Mereka melakukan pengambilan video dan tanda tangan dukungan dari guru dan para penari Reog dengan nama group Reog Taruno Suryo.

Usai kegiatan tersebut, Sugeng Riyadi selaku pembina Reog Taruno Suryo menyatakan pihaknya sangat mendukung Reog Ponorogo tercatat di UNESCO.

“Reog itu kan kesenian yang mendunia, jadi tidak salah kalau kita sebagai lembaga pendidikan memberikan kontribusi agar kelestarian Reog ini bisa terjaga,” katanya.

Sugeng mengungkap pihak Muhipo juga membuka kelas tari yang memberikan materi-materi terkait tari Reog. Kemudian lebih diperkuat lagi dengan tujuan agar siswa dan siswi Muhipo bisa membina tari Reog diluar sekolah.

“Reog ada ekstrakurikuler sedang tari ada tersendiri,” jelasnya.

Sugeng menambahkan di Muhipo sendiri yang mengikuti kelas Reog ada sekitar 60 siswa dan siswi. Ia berharap apa yang dilakukan Muhipo menjadi potensi pelestarian Reog.

“Kita sangat mendukung langkah dari Reog menjadi warisan dunia,” pungkasnya.

Share This: