Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Peduli Pariwisata, Kakang Senduk Ponorogo Adakan Webinar

Peduli Pariwisata, Kakang Senduk Ponorogo Adakan Webinar

Pandemi Covid19 belum berakhir, namun demikian semangat dalam upaya untuk terus membangkitkan sektor pariwisata tidak redup. Segala cara dilakukan guna menumbuhkan kembali industri wisata dengan tidak mengesampingkan keamanan dan kesehatan bagi wisatawan terus digagas.

Dalam hal itu, patut diberikan acungan jempol kepada para Kakang Senduk kebanggaan Ponorogo yang turut berkontribusi menghidupkan pariwisata dengan mengadakan webinar kepariwisataan pada rangkaian hari pariwisata dengan tema “Kebangkitan Pariwisata Ponorogo”. Acara melalui virtual Yang dibuka oleh pidato Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak dan dengan dua tokoh handal dan ahli dibidang kepariwisataan Profesor Ir. T. Yoyok Wahyu Subroto, M Eng., Ph.D., IPU, tenaga ahli pusat studi pariwisata Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan Dr. Priyanto MM., praktisi pariwisata yang juga pemilik Mahakam Lampion Garden, Mahakam River Market, Mahakam Light Garden, Samarinda, Indonesia.

Acara yang dimulai pukul 14:00 WIB dengan peserta yang antusias baik dari para pejabat Yayasan Kakang Senduk Ponorogo, akademisi, pelaku wisata, pelajar dan mahasiswa serta Aparatur Sipil Negara dari bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) yang mewakili, dari berbagai kota yang ada di Indonesia. Keantusiasan peserta terlihat, pada saat diskusi berlangsung.

Dalam pemaparannya, Prof Yoyok, sapaan akrab tenaga ahli studi pariwisata UGM itu memberikan materi berupa ilmu kepariwisataan dan data mengenai kepariwisataan selama masa pandemi covid 19. Berdasarkan data yang ia kumpulkan per Mei 2020, dampak disrupsi kepariwisataan, sebanyak 7000 hotel di Indonesia mengalami kerugian.

“Fakta hotel yang masih beroperasi dan bertahan memiliki okupansi dibawah 5 persen. Sedangkan sebanyak 13 juta, para pekerja pariwisata terdampak langsung dan 34 juta pekerja di sektor pendukung kehilangan mata pencariannya,” katanya.

Prof Yoyok melanjutkan sektor wisata menjadi penghasil kedua devisa negara kini mengalami kondisi yang sangat merugi. Hal itu menjadi tantangan bersama untuk kembali membangkitkan secara bersama-sama.

“Saya bangga Kakang Senduk Ponorogo peduli dengan kondisi ini. Dan ini sesuai dengan visi misi Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko,” ucapnya.

Sementara itu, narasumber kedua, Dr Priyanto menegaskan keadaan pariwisata yang anjlok merupakan pekerjaan bersama untuk dapat memulihkannya. Maka dalam kesempatan itu, Dr. Prayitno memberikan solusi.

“Perlu kebijakan yang solutif dan aplikatif. Berikan kekuasaan kepada pemerintah daerah untuk berinovasi berbasis lokal. Berhentilah menakut-nakuti. Berikan berbagai kemudahan bagi pelaku dan sektor pendukung pariwisata. Penguatan pada pemerintah daerah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam webinar itu di moderatori oleh Kakang Farid Husein dan Senduk Juwita Lofania sebagai MC. Selanjutnya, webinar ini juga ditayangkan langsung pada channel youtube, Kakang Senduk Ponorogo.

Sobat Hebat, ayo kunjungi Youtube Kakang Senduk Ponorogo, ambil ilmu yang bermanfaat pada webinar ini dan jangan lupa, Subscribe, comment dan like.

Share This: