Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Pencak Silat, Seni Beladiri Asli Indonesia

Pencak Silat, Seni Beladiri Asli Indonesia

Ponorogo – Hai sobat fastastis kali ini adrenaline boleh dikatakan naik tinggi. Gara-gara liat pertandingan tahunan olimpiade Ganesha 2020 cabang olahraga pencak silat se-Jawa Timur, yang diadakan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kabupaten Ponorogo, di Gelanggang Olahraga Singodimedjo, Jl. Pramuka, Ponorogo, Jum’at (21/02/2023). Olimpiade yang di ikuti oleh 200 peserta dari berbagai Sekolah Menengah Pertama ini, bertujuan untuk melestarikan budaya pencak silat. Hal itu dikatakan Nur Hadi Hanuri, Kepala Sekolah SMA 1 Ponorogo.

Bukan sekedar basa-basi Bumi Reyog Ponorogo merupakan gudangnya perguruan pencak silat. Masyarakat Ponorogo, selain mencintai religiusitas, budaya dan alamnya. Juga sangat mencintai olahraga utamanya pencak silat.

Hal ini terbukti dari berbagai perguruan pencak silat hidup dan berkembang di Ponorogo. Salah satunya pada olimpiade Ganesha ini.

“Dari kuota yang kita sediakan 160-an, ternyata yang ikut sampai 200an,” Kata Nur Hadi Hanuri.

Masih lanjut Nur Hadi, ajang tahunan ini selain memperebutkan juara pencak silat, juga memperebutkan piala di bidang ilmu pengetahuan (science) dan kesenian.

“Untuk pencak silat, kita adakan demi menjaga warisan budaya leluhur, agar tidak diakui, Negara lain,” tegasnya.

Sementara itu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni dalam sambutan pembukaan olimpiade bergengsi ini menambahkan bahwa benarlah pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia.

“Selamat, bertanding, semoga semua menjadi juara. Dan Ponorogo merupakan gudang juara pencak silat, selamat, selamat, selamat,” Pungkas Ipong.

Sebagai informasi bila sobat Fantastis ingin adrenaline tinggi, atau ngrasain sensasi jagoin, juaranya masing-masing bisa datang langsung diajang olimpiade Ganesha SMAN 1 Ponorogo Cabang pencak silat di Gor Singodimedjo.

Menyaksikan pertandingan ini, dibuka untuk umum dari hari ini, Jum’at (21/02/2020) sampai Minggu (23/02/2020), jadi semua boleh hadir dan nonton. Gratis, namun harus taat tata tertib ya sobat, agar para atlet kita fokus dan konsen bertanding. Salam Persaudaraan dan ayo ke Ponorogo.

Share This: