Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Penghobi Paser : Mari Lestarikan Keasrian dan Kekayaan Telaga Ngebel

Penghobi Paser : Mari Lestarikan Keasrian dan Kekayaan Telaga Ngebel

Ponorogo – Sobat Fastastis, jika berwisata ke Telaga Ngebel, Kabupaten Ponorogo tak jarang kita menemui para penembak jitu. Namun mereka tidak berburu burung melainkan ikan yang berada pada telaga.

Dari pantauan jurnalis Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) para penghobi paser (senapan ikan) biasa berburu di sekitaran telaga yang kaya akan pemandangan dan ikan itu. Mereka memiliki misi mengajak masyarakat untuk menembak ikan daripada burung di wilayah Ngebel.

“Burung mulai langka, kalau ikan nila populasinya banyak dan selain itu kita juga sering tebar ribuan bibit ikan nila”, kata Edi, penghobi paser, Kamis (02/06/2020).

Edi mengungkap burung diwilayah wisata andalan Bumi Reyog itu sudah mulai berkurang dan larangan menembak burung juga sudah diberlakukan. Sementara ikan nila populasinya cukup berkembang di Telaga Ngebel.

“Paser juga lebih aman. Kemudian bisanya untuk ikan besar saja”, terangnya.

Edi menambahkan kendala menembak menggunakan paser biasanya adalah sampah plastik yang masuk di Telaga. Sehingga menyebabkan pelurunya meleset atau tepat mengenai plastik itu.

“Semoga masyarakat dan wisatawan sadar akan pentingnya membuang sampah. Jadi selain aman untuk kami, juga tentunya tidak merusak ekosistem telaga”, pungkasnya.

Untuk itu sobat fantasis pecinta alam, mari bersama jaga Telaga Ngebel bebas dari sampah plastik. Agar semua yang ada didalam Telaga bisa berkembang baik. Tentunya hal itu juga akan membuat alam semakin mencintai kita.

Ayo ke Ponorogo, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan yang sering dan buanglah sampah pada tempatnya.

Share This:

One Response

  1. Setyo Chumaedi berkata:

    Mari kita jaga dan lestarikan lingkungan alam kita demi keberlanjutan kehidupan lebih baik.

Comments are closed.