Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Persiapan Disbudparpora Sambut Wisatawan Jelang Libur Hari Raya Idul Fitri 1443H

Persiapan Disbudparpora Sambut Wisatawan Jelang Libur Hari Raya Idul Fitri 1443H

Menjelang libur panjang perayaan hari Raya Idul fitri 1443H, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ponorogo mempersiapkan diri untuk menyambut para pengunjung di beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Ponorogo. Momentum Idul Fitri yang sudah hampir 3 tahun ini tidak dapat dirasakan bersama keluarga dikampung halaman karena Covid 19, untuk tahun ini diprediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan.

Sesuai dengan sambutan Bapak Kapolres yang disampaikan pada saat Apel Ketupat Semeru 2022 di Aloon-Aloon Ponorogo, Jumat (22/4/2022), bahwasannya cuti mudik lebaran tahun 2022 ini tidak ada penyekatan lagi, jadi bisa dipastikan warga Ponorogo yang berada diluar kota akan pulang kampung untuk merayakan lebaran dengan sanak keluarga seperti tahun sebelum pandemi.

Kepala Dinas BUDPARPORA, Judha Slamet Sarwo Edi, S.Sos, M.Si mengatakan dengan rentang waktu cuti yang sangat panjang ini pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk manyambut pengunjung.

“Mulai dari pengelola wisata, destinasi-destinasi wisata, industri pariwisata dan sarana penunjang wisata lainnya yang ada di Kabupaten Ponorogo sudah dipersiapkanā€.

Beliau juga memprediksi fluktuasi kunjungan di destinasi wisata akan naik secara signifikan, dimulai pada hari ke 3 lebaran dan akan berlanjut sampai hari terakhir libur lebaran.

“Akan ada destinasi wisata yang menjadi perhatian tersendiri yaitu Telaga Ngebel; Rest Area Biting dan Bukit Soeharto di Desa Biting Kecamatan Badegan; Wisata Air Telaga Sarean (Hadi Ronggo) di Desa Temon Kecamatan Sawoo & Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko; dan Sendang Bulus yang ada di Desa Pager, Kecamatan Bungkal”.

Kemudian pada tanggal 26 April 2022, rapat lanjutanĀ diadakan dengan mengundang semua elemen pengelola destinasi wisata yang ada di kawasan Wisata Telaga Ngebel seperti rumah makan/resto, PKL dan jasa hiburan, pihaknya menghimbau untuk selalu menjaga keselamatan, kenyamanan dan keamanan para pengunjung.

“Khusus untuk rumah makan dan resto, diharapkan untuk membuat price list menu agar pengunjung dapat membeli sesuai dengan selera dan kemampuan keuangan masing-masing dengan jelas dan pasti. Selanjutnya persiapan lahan parkir yang ada di sekitaran Telaga Ngebel.”

Terakhir, beliau menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyampaikan ke masing-masing destinasi wisata agar mempersiapkan diri dengan baik dalam rangka menyambut pengunjung dengan CHSE  yaitu bersih, sehat, aman dan lingkungan yang nyaman, selama berwisata di Kabupaten Ponorogo dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan baik pengunjung maupun pengelola destinasi wisata, sesuai dengan Surat Edaran Kemenparekraf Nomor : SE/2/UM.03/MK/2022 tentang Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Selama Libur Idul Fitri 1443 H.

Share This: