Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

PPKM Mikro Tak Pengaruhi Penghasilan Ojol

PPKM Mikro Tak Pengaruhi Penghasilan Ojol

Ponorogo – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro rupanya tidak mempengaruhi pembelian makanan dan minuman via ojek online (ojol) . Justru PPKM, membuat orderan (pemesanan) makanan jadi bertambah.

Bumi Reyog memiliki kuliner yang sangat lengkap, khususnya di kota Ponorogo, mulai dari makanan ringan dan berat yang disediakan oleh resto hingga angkringan. Namun, demikian para pelaku industri wisata kuliner musti bersabar akibat masa PPKM oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Pemberlakuan PPKM ini, rupanya tidak berpengaruh terhadap pemesanan makanan secara online, lebih-lebih bagi para pelaku usaha online seperti kuliner dan ojek online. Dan kali ini, Rabu (24/02/2021) Jurnalis Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) mencoba jelajah dan menggali informasi seputar keonlinenan di kota Reyog.

Di Jl. Dr. Sutomo, kami menyambangi salah satu pengkolan (tempat berkumpulnya) ojek online. Terlihat Pandi, nampak mempersiapkan orderan dari pelanggan. Kami pun mulai mengobrol keterkaitan orderan online dengan Pandi.

“Kalau mengenai PPKM itu sendiri, sebetulnya tidak berpengaruh sih Mas. Jadi, tergantung akunnya (akun ojek online), kata Pandi.

Pandi menuturkan bergantung pada akun itu dimaksudkan jika akun bermasalah maka order akan sulit masuk. Namun jika akun sedang dalam kondisi baik maka order akan lancar.

“Kalau orderan sendiri paling banyak food (makanan) Mas. Apalagi kalau cuaca hujan begini. Biasanya orderan banyak,” jelasnya.

Sementara itu, Marti Ningsih pemilik Bakso Pak Narto yang biasa mendapat pesanan dari para ojek online mengaku di masa PPKM mikro pembeli online sudah mulai berkurang.

“Sangat menurun drastis, kalau Grab itu sehari, biasanya bisa 10 orderan. Kalau sekarang satu, kadang dua orderan. Gojek malah satu hari ada lalu sepi dan 5 hari kemudian baru ada,” ungkapnya.

Marti, menyebut dagangannya lebih laku di pelanggannya yang datang langsung. Kendati memang dirinya juga sudah sering menerima orderan dari para pengojek online yang mangkal tidak jauh dari tempat ia berjualan.

“Orderan online, menurun drastis, sangat drastis,” pungkasnya.

Share This: