Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Rapat Koordinasi Antar OPD Se-Kabupaten Ponorogo Matangkan Kesiapan Tahun Wisata 2019

Rapat Koordinasi Antar OPD Se-Kabupaten Ponorogo Matangkan Kesiapan Tahun Wisata 2019

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, didampingi Sekretaris Daerah, Agus Pramono, saat memimpin rapat koordinasi pemaparan program kegiatan pariwisata 2019.

Ponorogo – Mendekati akhir tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Ponorogo terus mematangkan persiapan menyambut program prioritas Tahun Wisata 2019. Terbaru, Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni memimpin langsung jalannya rapat koordinasi dan pemaparan program kegiatan pariwisata tahun 2019, Rabu (12/12) pagi. Pertemuan yang diselenggarakan di ruang rapat Bantarangin, Kantor Bupati Ponorogo, tersebut dihadiri oleh seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Ponorogo, serta segenap jajaran di Dinas Pariwisata Ponorogo.

Dalam sambutannya membuka rapat, Bupati Ipong menegaskan pentingnya kehadiran seluruh Kepala OPD agar seluruh elemen pemerintahan Kabupaten Ponorogo turut berkontribusi dalam menyukseskan Tahun Wisata 2019. Menurut Bupati Ipong, Dinas Pariwisata tak dapat bekerja sendiri, sehingga dibutuhkan kerja sama gotong royong antar seluruh OPD.

“Pentingnya rapat koordinasi hari ini agar supaya tahun 2019 nanti Dinas Pariwisata dalam melangkah dapat ter-back up oleh kita semua dari semua sektor memberikan dukungan yang nyata terhadap suksesnya program prioritas Tahun Wisata 2019”, ungkap Bupati Ipong.

Agenda rapat kali ini merupakan tindak lanjut dari sejumlah rapat koordinasi yang sebelumnya telah dilakukan antara bupati bersama jajaran Dinas Pariwisata Ponorogo. Sebagai persiapan utama menyambut Tahun Wisata 2019, Dinas Pariwisata telah menyusun rancangan Calendar of Event (CoE) Pariwisata Ponorogo 2019, yang pada rapat koordinasi hari ini dipresentasikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Lilik Slamet Raharjo.

Dalam paparannya, Kadispar Lilik Slamet Raharjo mempresentasikan kepada seluruh hadirin rapat mengenai sepuluh top event pariwisata tahun depan. Kesepuluh top event tersebut menjadi bagian dari keseluruhan total delapan puluh event yang rencananya akan di-launching sebagai Calendar Of Event (CoE) Pariwisata Ponorogo 2019.  Susunan event tersebut telah termasuk di dalamnya beberapa event yang telah rutin digelar secara bulanan seperti Pentas Reyog dan Wayang Kulit Malam Bulan Purnama, serta event tahunan seperti Grebeg Suro dan Peringatan Hari Jadi Ponorogo.


Terima Sejumlah Masukan Dari Para Kepala OPD

Pemaparan rencana kegiatan dalam CoE Pariwisata Ponorogo 2019 mendapat atensi yang luar biasa dari para kepala OPD. Beberapa diantaranya pun memberikan saran serta menjelaskan rencana program internalnya yang diperkirakan dapat disinkronisasi demi membantu event-event pariwisata tahun mendatang. Saling silang pendapat dan masukan disampaikan masing-masing kepala OPD yang hadir para pertemuan yang berlangsung hingga sore hari tadi.

Kepala Dinas Pariwisata, Lilik Slamet Raharjo, saat mempresentasikan rancangan susunan Calendar of Event (CoE) Pariwisata Ponorogo 2019 kepada seluruh hadirin rapat.

Sejumlah hal seperti perbaikan infrastruktur jalan, penghijauan kawasan kota dan revitalisasi taman-taman, sosialisasi dan publikasi detail event, pencanangan target pasar dan mekanisme mendatangkan kategori wisatawan tertentu, kuantitas partisipan dalam sejumlah pameran dan festival, serta pelibatan elemen pelajar sekolah dan juga pelaku UMKM menjadi beberapa catatan penting yang kepala OPD tawarkan serta perlu untuk ditingkatkan oleh Dinas Pariwisata dalam waktu persiapan yang tersisa.

Di penghujung rapat, Bupati Ipong menjelaskan bahwa program prioritas Tahun Wisata 2019 memang dipilih karena karakteristik dan potensi Kabupaten Ponorogo yang utama ialah pariwisata, setelah pertanian. Sehingga menurutnya, untuk mampu membuatan lompatan pertumbuhan ekonomi terutama di era modern ini, pariwisata harus diupayakan untuk menjadi sektor yang mampu meningkatkan perekonomian daerah.

“Tahun Wisata 2019 ini adalah tanggung jawab kita bersama. Kita semua harus menjadi bagian dari suksesnya (pengembangan) pariwisata di Kabupaten Ponorogo. Yakin dan percayalah, kalau pariwisata sukses, pendapatan asli daerah (PAD) kita juga akan meningkat”, pungkas Bupati Ipong.

Dinas Pariwisata selanjutnya akan segera melakukan koordinasi lanjutan guna memperbaiki kesiapan khususnya sejumlah event utama. Pihak Dinas Pariwisata masih harus berpacu dengan waktu, lantaran susunan kegiatan yang dirancang rencananya akan segera diluncurkan dalam event launching CoE Pariwisata Ponorogo 2019 yang akan digelar akhir Desember mendatang. – NM

 

Share This: