Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Reog Obyog Torehkan Catatan Di MURI

Reog Obyog Torehkan Catatan Di MURI

Kabupaten Ponorogo kembali catatkan rekor MURI. Kali ini, parade 312 grup Reog Obyog yang berasal dari 307 desa/kelurahan di bumi Reog digebyakkan serentak di sepanjang Jl. HOS Cokroaminoto dan Jl. Jend. Soedirman, Rabu (10/8/2022).

Tentu event tersebut masih dalam rangkaian Grebeg Suro dan hari jadi Kabupaten Ponorogo yang ke-526. Tentu sebagai orang Ponorogo kita semua bangga akan torehan tersebut.

Namun demikian tentu bukan selebrasi semata melainkan dengan adanya even semacam itu, generasi penerus seni dan budaya yang adi luhung itu akan terus tumbuh dan berkembang.

“Menunjukkan bahwa Reog Ponorogo sangat dicintai dan sudah menjadi darah daging masyarakat Ponorogo,” kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Kang Bupati mengungkap sebagai produk budaya, kesenian Reog tentu saja mengalami perkembangan, hasil dari kreatifitas dan inovasi pelaku seni. Salah satunya dengan lahirnya varian Reog Obyog yang harus diwadahi.

“Budaya itu evolusi, setiap hari bergerak maka harus kita wadahi, sehingga Reog Obyog kami masukan ke dalam agenda Grebeg Suro,” paparnya.

Reog Obyog sendiri tentu mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat. Untuk itu Kang Bupati berharap mudah-mudahan ke depan ada Festival Reog Obyog.

Share This: