Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Resmi Dibuka, Ini Jadwal Agenda Festival Santri Ponorogo

Resmi Dibuka, Ini Jadwal Agenda Festival Santri Ponorogo

Festival Santri dalam rangkaian Grebeg Suro dan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke-526 resmi dibuka di aloon-aloon Ponorogo, Senin (01/08/2022). Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama lima hari (1-5 Agustus 2022).

Meski berlangsung sederhana, ceremonial pembukaan festival santri memberikan spirit event santri dan semangat gotong royong yang digaungkan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dengan mengandeng budaya dan santri dengan tagline Bergandeng Erat, Bergerak Cepat, Ponorogo Hebat.

“Sebenarnya kekuatan Ponorogo itu ada dua hal yaitu budaya dan santri,” kata Kang Bupati Sugiri.

Ia mengungkap melalui event Grebeg Suro pihaknya ingin mengimplementasikan soal hijrah yang diajarkan Rasulullah bahwa hijrah tidak hanya hijrah secara fisik tapi juga hijrah pola pikir, hijrah mindset dan hijrah etos kerja yang luar biasa. Maka dua kekuatan itu, dipadukan untuk mengusung tagline tersebut.

“Artinya kolaborasi yang elok. Kota budaya dan santri ingin kita jadikan alat dua roda untuk membangun Ponorogo kedepan.
Sehingga gotong-royong menjadi andalan kami dan itulah bentuk dari kolaborasi,” paparnya.

Sementara itu, Muhammad Ilham selaku penanggung jawab Festival Santri menambahkan malam pertama kegiatan diisi dengan dialog interaktif dengan Ning Lia (Ketua DPD Perempuan tani HKTI) dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur dan hiburan musik akustik. Untuk hari kedua, Sholawat bersama cak Fandi dan Festival 526 Banjari dan tari Sufi, hari ketiga pentas ketoprak santri dengan lakon Bathoro Katong Winisuda, dihari keempat lomba Ishari anak-anak.

“Dan hari kelima penutup festival santri yang di meriahkan musik religi Eni Sagita dan gebyar musik religi feat Cak Sodiq New Monata,” pungkasnya.

Share This: