Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Sambut 1 Suro, Dukuh Bulusari Adakan Bersih Dusun

Sambut 1 Suro, Dukuh Bulusari Adakan Bersih Dusun

Ponorogo – Ta’mir masjid Baiturrohman, Bulusari, Desa Nglayang, Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, adakan bersih dusun dalam rangka sambut 1 Muharram (tahun baru Islam) 1442 Hijriah, Rabu (19/08/2020). Acara sakral tersebut diadakan setiap satu tahun sekali. Dalam pelaksanaannya para masyarakat dusun membawa hasil bumi mereka untuk di santap bersama setelah mengadakan doa bersama dalam rangka memohon kepada ALLAH SWT agar dihindarkan dari mara bahaya dan segala bentuk penyakit serta rasa syukur dalam menyambut 1 suro.

Dari pantauan jurnalis Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, warga masyarakat berbondong-bondong ke Masjid Baiturrohman, Bulusari dengan membawa nasi tumpeng dan hasil perkebunan masing-masing. Seperti pisang, ketela, dan sayur-mayur serta hasil bumi lainnya. Acara bersih dusun diawali dengan dzikir dan tahlil yang dipimpin Kyai Marwan. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan bersama-sama menikmati hasil bumi yang telah disediakan.

Namun yang unik, para warga dusun menata segala bawaannya itu ditengah jalan Dusun, yang kurang lebih menjadi 100 meter itu, dan meletakkan segala hasil bumi di tengah-tengah jalan bersama tumpengnya. Rasa bahagia pun menyelimuti para warga dusun yang hadir dalam acara tersebut.

Muhammad Nur Kholisani tokoh pemuda setempat mengatakan acara yang dilakukan itu merupakan acara rutin tahunan yang diadakan warga dusun untuk menyambut bulan Muharram.

“Menyambut 1 Suro,” katanya.

Bisri, Ketua Ta’mir Masjid Baiturrohman Dusun Bulusari mengatakan acara tahunan ini, biasa dilakukam setiap tahunnya. Utamanya saat menghadapi pandemi.

“Acara bersih dusun bertujuan untuk meminta kesehatan, rezeki dan ketentraman masyarakat Dusun Bulusari kepada Allah SWT,” katanya.

Kepala Dusun Bulusari, Marsum, menambahkan sangat mendukung acara tersebut. Hal itu karena kearifan lokal dusunnya masih tetap ada dan di uri-uri.

“Karena dapat melestarikan budaya leluhur dan masyarakat tampak antusias dengan acara bersih dusun ini. Semoga acara bersih dusun dapat berlanjut kedepannya,” Pungkasnya.

Share This: