Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Seleksi Calon Paskibraka Kabupaten Ponorogo Tahun 2022 Telah Dimulai

Seleksi Calon Paskibraka Kabupaten Ponorogo Tahun 2022 Telah Dimulai

Dalam rangka mempersiapkan Upacara HUT RI ke 77, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Ponorogo dan TNI/POLRI melaksanakan seleksi calon anggota pasukan bendera pusaka di Gelanggang Remaja Singodimedjo, Jl. Pramuka (22/03/2022). Ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mencari Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Upacara HUT RI Ke-77. Kegiatan hari ini merupakan kelanjutan dari rangkaian seleksi CAPASKA tahun 2022, setelah sebelumnya ditanggal 9-10 Maret 2022 kemarin dilakukan pendaftaran dan seleksi administrasi dari calon peserta pengibar bendera pusaka 2022.

Dari ratusan pendaftar tak kurang 268 peserta telah dinyatakan lolos seleksi administrasi, yang selanjutnya akan melewati proses seleksi fisik dan PBB yang akan dilakukan 2 hari ini. Dari total 268 peserta nantinya akan diambil 72 Putra-Putri terbaik yang akan menjadi pengibar bendera pusaka di Kabupaten Ponorogo dan 2 Putra-Putri dikirim ke seleksi capaska di tingkat Jawa Timur dan Nasional.

Wakhid Purwanto, Kepala Seksi Kepemudaan Disbudparpora mengatakan dari total 268 orang yang lolos seleksi administrasi, itu semua terdiri dari 27 sekolah.

“Sebenarnya terdapat 313 pendaftar, akan tetapi hanya 268 pendaftar yang memenuhi syarat, yang terdiri dari 110 laki-laki dan 158 perempuan, berasal dari 27 sekolah (terdiri dari 11 SMA, 8 SMK dan 8 MA), paparnya”.

Selanjutnya Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga memohon dukungan dan doa masyarakat Ponorogo agar seleksi berjalan lancar kemudian bisa mengirimkan capaska di tingkat Provinsi bahkan dapat melaju ke tingkat Nasional.

Selanjutnya Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Judha Slamet Sarwo Edi berpesan kepada seluruh peserta agar menjadikan momen ini sebagai wujud rasa cinta tanah air, membanggakan orang tua dan sekolah.

“Jadikan ini momentum sebagai wujud kecintaan kalian terhadap tanah air dan jadikan kesempatan untuk membanggakan orang tua dan almamater kalian”, ungkap Judha.

Sebagai tambahan informasi, seleksi calon paskibraka tingkat Kabupaten Ponorogo Tahun 2022 akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu mulai hari ini selasa 22 maret 2022 akan dilaksanakan tes jasmani dan tes parade (fisik). Tes jasmani meliputi lari, push up dan sit up, adapun tes parade/fisik meliputi bentuk badan, bahu / pundak, tangan dan kaki. Dan besuk hari rabu tanggal 23 maret 2022 akan diadakan tes PBB, meliputi peraturan baris berbaris (sikap, gerak berjalan, gerak ditempat, pemberian aba –aba, dll)

Share This: