Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Uji Coba New Normal, Disbudparpora Sosialisasi Di Wisata Telaga Ngebel

Uji Coba New Normal, Disbudparpora Sosialisasi Di Wisata Telaga Ngebel

Ponorogo – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo, mulai bergerak lakukan sosialisasi New Normal. Kali ini pihak Disbudparora duduk bersama forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimca) dan 4 kepala desa yang berada diwilayah wisata Telaga Ngebel, Jumat (29/05/2020).

R. Muharjadi Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata mengatakan agenda hari ini dilakukan karena akan menjadikan Telaga Ngebel sebagai pusat pariwisata di Ponorogo menjadi percontohan New Normal.

“Rencananya Telaga Ngebel akan dibuka kembali, namun untuk pengunjung maupun pelaku usaha pariwisata di lingkungan Ngebel harus tetap melaksanakan protokol kesehatan, khususnya covid-19”, katanya.

Muharjadi mengungkap, bahwa ada beberapa SOP yang harus dilaksanakan seperti penggunaan masker dan cek suhu badan bagi pengunjung, penggunaan sarung tangan dan face shield bagi petugas.

“Pembatasan jumlah pengunjung hingga 50% untuk memaksimalkan physical distancing juga dilakukan,” tegasnya.

Masil lanjut, Muharjadi, penyediaan alat komunikasi sebagai media edukasi pencegahan covid-19, penyediaan tempat cuci tangan dan handsanitizer di tempat strategis, penyediaan ruang dan tenaga kesehatan (nurse tourism) sangat penting dilakukan.

“Dan memastikan seluruh area bersih dan higienis dengan pembersihan berkala dengan disinfektan”, lanjutnya.

Ia menambahkan pihak Kecamatan Ngebel menyambut dengan baik percontohan New Normal di Telaga Ngebel ini dengan harapan dapat menjalankan kembali roda perekonomian yang sempat terhenti.

“Dengan adanya uji coba ini, Pihak Kecamatan Ngebel akan membuat satgas mandiri yang terdiri dari perwakilan pelaku usaha dan forpimka Ngebel untuk mengantisipasi pengunjung yang datang”, tandasnya.

Sebagai informasi, nantinya Disbudparpora akan melakukan sosialisasi kembali dengan ketua paguyuban Ngebel seperti PK5, rumah makan, perhotelan dan jasa perahu untuk persiapan uji coba New Normal yang akan dilakukan 2 Juni 2020 mendatang.

Share This: