Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Unik, Upacara HUT RI Ke-75 Gunakan Busana Dan Bahasa Jawa

Unik, Upacara HUT RI Ke-75 Gunakan Busana Dan Bahasa Jawa

Ponorogo – Berseragam adat Jawa, Paguyuban Pakasa Gebang Tinantar Ponorogo laksanakan upacara peringatan HUT RI ke-75 di wisata puncak Kitem Banaran Pulung Ponorogo, Senin (17/08/2020). Para peserta upacara kompak mengenakan pakaian khas adat Jawa layaknya abdi keraton. Mengenakan beskap, blangkon lengkap dan pedang. Namun tetap patuh dan disiplin protokol kesehatan. Selain itu dalam upacara tersebut juga menggunakan bahasa Jawa.

Selain anggota paguyuban Pakasa Gebang Tinatar Yang lengkap dengan busana adat jawa, dalam upacara ini turut diikuti dari berbagai elemen, yakni BANSER, Pencak silat Pagar Nusa, Gasmi, Fatayat NU dan Pekumpulan Kopilaborasi.

Menurut Sudarsono salah satu pengurus Pakasa Gebag Tinatar sekaligus Kasat Korcab Banser Ponorogo mengatakan ingin mempertahankan dan mengenalkan kepada generasi muda pakaian khas adat Jawa serta mengajarkan penggunaan bahasa Jawa saat upacara bendera.

“Tidak hanya pakaian dan atributnya yang Jawa, tetapi kami juga menggunakan bahasa Jawa,” terang dia.

Paguyuban Pakasa Gebang Tinantar merupakan perkumpulan abdi dalem keraton Surakarta, cabang gebang Tinatar-Ponorogo.bahasa yang digunakan dalam upacara induknya atau asalnya dari bahasa keraton.

Selain upacara, kegiatan ini juga diawali ngecamp bersama paguyuban Kopilaborasi dari berbagai kabupaten yang juga turut hadir.

Share This: