Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Viral Pagelaran Reog Sahur On The Road, Bupati Tegaskan Tidak Ada Izin

Viral Pagelaran Reog Sahur On The Road, Bupati Tegaskan Tidak Ada Izin

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menyayangkan adanya pertunjukan Reog Ponorogo on the road yang digelar saat jelang sahur pada Sabtu (24/04/2021). Kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya banyak orang tersebut mengabaikan protokol kesehatan (prokes) di tengah Pandemi Covid-19 dan tidak mengantongi izin dari pihak terkait.

Dari pantauan di dunia maya, pada foto dan 4 video dengan berbagai durasi yang beredar di media sosial (medsos), pertunjukan Reog Ponorogo itu lengkap dengan 6 dadak merak, jathil dan pemain kendang yang dilihat oleh ratusan penonton namun disayangkan banyak penonton yang mengabaikan prokes.

Kang Giri, sapaan akrab Bupati Ponorogo mengatakan kegiatan pagelaran reog itu tidak ada koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo dan pihak Kepolisian. Bahkan Bupati Sugiri, Dandim dan Kapolres bahkan Gubernur Jawa Timur turut berperang di media sosial untuk kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini memang tidak koordinasi dengan kabupaten,” katanya, usai mengikuti apel kesiapan larangan mudik Idul Fitri, di Paseban Aloon-aloon Ponorogo, Senin (26/04/2021).

Kang Giri mengungkap disangkanya kegiatan itu digelar, tabuhan yang didengarnya itu untuk membangunkan sahur seperti biasa.

“Saya kan tidak lihat. Karena rumah dinas ada di belakang. Saya kira cuma tabuhan saja,” ucapnya.

Dengan kejadian itu, Kang Giri berharap agar warga Ponorogo lebih menahan dan tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan masa.

“Sudahlah, ini berhenti tidak baik di situasi seperti ini. Nanti akan ada saatnya kita show,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Ponorogo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mochamad Nur Azis menambahkan bahwa acara kemarin tidak ada izin.

“Itu ilegal. Tidak ada izin kepada kami,” pungkasnya.

Share This: