Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Youtuber Rindu Reyog dan Konten

Youtuber Rindu Reyog dan Konten

Pandemi Covid19 akan menjadi catatan sejarah bagi Bangsa Indonesia dalam berjuang menghadapinya. Catatan ini tentu juga berlaku bagi para pejuang kesenian dan budaya yang terus berikhtiar menguri-uri kearifan lokal agar mampu bertahan dan terus ada. Salah satunya adalah para pejuang pengabadi moment gumegrahnya aksi para pelaku kesenian Reyog melalui channel Youtube.

Dalam masa pandemi Covid19 tentunya para youtuber Reog di Kabupaten Ponorogo sangatlah kesulitan mendapatkan konten Reog. Disamping itu, rindu menyaksikan Reog secara langsung juga tidak dapat terelakkan.

Ipung, salah satu youtuber Reog dengan channel Om Ipung Official mengatakan sangat rindu sekali dengan pagelaran Reog. Karena Reyog sudah tertanam dibenak masyarakat Ponorogo sejak kecil pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya.

“Ya pengennya kita nontonlah, setidaknya walaupun itu hanya sebentar atau setidaknya disiapkan panggung dengan dibatasi penontonnya dan itu pun terjadwal. Itu akan lebih bagus nanti,” katanya saat ditemui Jurnalis Dinas, Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) saat sedang membuat konten video di JL HOS Cokroaminoto, Kota Ponorogo, Selasa (03/08/2021).

Menurut Ipung, jika kedepan disiapkan panggung di gedung kesenian oleh Disbudparpora bisa menjadi solusi untuk mengobati rindu Reog dan konten bisa tersedia.

“Biar para seni, terutama Reog ini tidak hilang. Karena kalau semakin lama seperti ini, para pelaku seni pun juga. Walaupun rindu tetapi seakan-akan nanti terlupakan,” jelasnya.

Ipung menambahkan untuk mengajak semua youtuber untuk bersama-sama berjuang memutus mata rantai pandemi Covid19 agar segera bisa berjalan normal kembali. Namun, dimasa sulit ini, ia juga berharap Reog masih bisa tampil.

“Masih bisa kita tunjukkan, masih bisa kita nikmati,”pungkasnya.

Share This: