Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

6 Anggota PASKIBRAKA Ponorogo Mengukir Sejarah Di Masa Pandemi Covid-19

6 Anggota PASKIBRAKA Ponorogo Mengukir Sejarah Di Masa Pandemi Covid-19

Ponorogo – Rasa bangga dan semangat yang menggebu sangat dirasakan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) pada upacara kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-75 di halaman Pendopo Agung, Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo, Senin (17/08/2020). Meski dengan segala keterbatasannya akibat pandemi Covid-19, dengan sigap dan penuh wibawa mereka mampu mengibarkan Bendera Merah Putih dan menaikannya di ujung tiang tertinggi.

Para pasukan pengibar bendera merah putih di Kabupaten Ponorogo, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang genap dengan formasi 8, 17 dan 45. Namun kali ini hanya 3 orang pengibar bendera dan 3 orang penurun bendera.

Mereka adalah pemuda-pemudi yang sangat beruntung bisa menjadi PASKIBRAKA pada tahun 2020 ini. Ke 6 orang tersebut pasti sangat bangga mendapatkan tugas mulia tersebut meski hanya berlatih selama 3 hari.

“Meski dimasa pandemi kami petugas Paskibraka 2019/2020 harus siap bertugas untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih,” kata Farkhan Saifullah (pengerek bendera pada upacara pengibaran) pelajar SMAN 1 Ponorogo, kepada Jurnalis Disbudparpora.

Gilang Gilardoni yang bertugas sebagai pembentang bendera yang merupakan pelajar dari MAN 1 Ponorogo ini merasakan bangga atas kesempatan yang telah diberikan tersebut. Terlebih para anggota PASKIBRAKA biasanya hanya mendapatkan kesempatan satu kali untuk mengibarkan bendera merah putih di Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tetapi ada rasa sedih juga, karena tidak seperti tahun lalu, dimana tahun lalu kami latihan dengan banyak teman. Merasakan lelah bersama, merasakan haru bersama dan bahagia bersama-sama,” ungkapnya.

Hal senada diungkap Carissa Ivadanti Azzahra pembawa Sang Saka Merah Putih pada saat pengibaran dan Raina Prada Marhaendrika pembawa bendera Merah Putih saat penurunan bendera, yang merasa haru dan bahagia karena berkesempatan mengibarkan bendera merah putih untuk kedua kalinya.

“Mengibarkan bendera di masa pandemi ini menjadi sejarah bagi saya. Bertugas untuk Negara yang kedua kalinya. Dan tentu saja ini menjadikan saya memiliki semangat baru dan pengalaman baru,” ucap kompak kedua pelajar SMAN 1 Ponorogo.

Sementara itu Aang, sapaan akrab Satria Putra Anggara Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Ponorogo menyampaikan rasa terima kasih kepada adik-adik kebanggaannya dan berpesan kepada mereka untuk terus tetap belajar meskipun masih dari rumah.

“Dan jadilah pelopor untuk masyarakat dalam masa transisi new normal ini. Supaya tetap dapat menjaga kesehatan masing-masing. Dan jangan lupa berdoa supaya pandemi ini segera berakhir. Dan tahun depan dapat melakukan perekrutan calon Paskibraka Kabupaten Ponorogo tahun 2021,” Pungkasnya.

Sebagai informasi berikut nama-nama petugas / pasukan pengibar dan penurunan bendera merah putih pada upacara kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-75 di Kabupaten Ponorogo.

Pengibar :

  1. Carissa Ivadanti Azzahra : SMAN 1 Ponorogo
  2. Gilang Gilardoni : MAN 1 Ponorogo
  3. Farkhan Saifullah : SMAN 1 Ponorogo

Penurunan :

  1. Raina Prada Marhaendrika : SMAN 1 Ponorogo
  2. Alvarel Pandhu Dewanata : MAN 2 Ponorogo
  3. Ziagy Aji Fernando : SMAN 2 Ponorogo

Share This: