Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Babad Alas Wengker, Wayang Kulit Spesial Hari Jadi Ponorogo

Babad Alas Wengker, Wayang Kulit Spesial Hari Jadi Ponorogo

Ponorogo – Semarak menjelang Grebeg Suro 2018 dan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke-522 terus bergeliat. Sabtu malam (25/8), digelar pentas wayang kulit yang diadakan oleh Ponorogo Community bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo. Pagelaran yang dihelat di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo tersebut dihadiri oleh ratusan warga masyarakat, sejumlah unsur pejabat pemerintah. Wakil Bupati Ponorogo, DR. H Sudjarno, M.M, juga turut hadir dan membuka acara tersebut.

Ketua panitia penyelenggara dari Ponorogo Community, Bambang Kusbandrijo, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya pagelaran wayang kulit ini ialah untuk memperkenalkan sejarah Kerajaan Wengker melalui cara yang belum pernah dilakukan, yaitu melalui wayang kulit. Dipilihnya media wayang tak lepas dari begitu lekatnya tradisi wayangan dengan masyarakat Ponorogo. Bahkan, Ponorogo dapat dikatakan menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang memiliki pagelaran wayang kulit rutin setiap bulan, sebagaimana yang kerap digelar saat menyambut malam bulan purnama di Paseban Alun-alun Ponorogo.

Wakil Bupati Ponorogo, Sudjarno, menyerahkan wayang kepada dalang Ki Purbo Sasongko, sebagai tanda dimulainya Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Babad Alas Wengker.

Wakil Bupati Ponorogo, Sudjarno, bersama Ketua Ponorogo Community, Bambang Kusbandrijo, dan Kepala Dinas Pariwisata, Lilik Slamet Rahardjo tampak menikmati pagelaran wayang kulit.

Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Wakil Bupati Sudjarno menyampaikan bahwa Kabupaten Ponorogo memiliki sejarah yang cukup tua, mengingat usia Kabupaten Ponorogo yang telah mencapai lebih dari lima abad. “Jauh sebelum itu (Kabupaten Ponorogo berdiri), telah ada Kerajaan Wengker sebagai cikal bakal kabupaten ini”, tutur Sudjarno. Seusai sambutan, Wakil Bupati Sudjarno menyerahkan wayang kepada dalang Ki Purbo Sasongko, sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang yang mengangkat lakon Babad Alas Wengker tersebut.

Meski pagelaran wayang kulit spesial Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke-522 tersebut hanya berlangsung selama tiga jam, namun tak menyurutkan antusiasme masyarakat yang terus berdatangan ke Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo, yang juga bertepatan dengan akhir pekan tersebut. – NM

LIHAT FOTO-FOTO PAGELARAN WAYANG KULIT BABAD ALAS WENGKER, klik disini

Share This: