Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Dinas Pariwisata Bawa Reyog Ponorogo Pukau Penonton Menoreh Carnival Kulonprogo

Dinas Pariwisata Bawa Reyog Ponorogo Pukau Penonton Menoreh Carnival Kulonprogo

Penampilan Reyog Ponorogo oleh grup reyog Sardulo Among Gati di depan panggung kehormatan Menoreh Carnival, di Kulonprogo, DI.Yogyakarta, pada Sabtu (13/10).

Kulonprogo, DI.Yogyakarta – Dinas Pariwisata Ponorogo menghadiri undangan dari Pemkab Kulonprogo untuk mengikuti Menoreh Carnival dalam rangkaian acara Menoreh Art Festival 2018, yang merupakan peringatan Hari Jadi Kabupaten Kulonprogo ke-67. Dispar Ponorogo hadir dan membawa Reyog Ponorogo yang ditampilkan oleh grup reyog Sardulo Among Gati. Acara tersebut berlangsung di sepanjang jalan dari kampus Universitas Negeri Yogyakarta – Wates hingga kompleks Kantor Pemkab Kulonprogo, pada Sabtu sore (13/10).

Dalam carnival tersebut, kontingen Reyog Ponorogo tampil di depan panggung kehormatan dan disaksikan langsung oleh Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo, serta sejumlah pejabat daerah lainnya. Kehadiran seni topeng tari terbesar di dunia tersebut pun tak ayal mampu menyedot perhatian penonton yang berkerumun di sekitar area display utama. Antusiasme pimpinan daerah setempat pada Reyog Ponorogo tak disia-siakan oleh kontingen Dinas Pariwisata Ponorogo untuk mengundang Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo dipanggul di atas dhadhak merak.

Ekspresi gembira Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, saat dipanggul di atas dhadhak merak.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, bersama Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo, Lilik Slamet Raharjo.

Usai penampilan Reyog Ponorogo yang cukup lama dan membuat penonton riuh tersebut, Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menyampaikan penghargaan dan menyerahkan piagam serta kain Batik Geblek Renteng sebagai kenang-kenangan kepada Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo, Lilik Slamet Raharjo. Atas pernampilan apik tersebut, kontingen Reyog Ponorogo memperoleh juara ketiga penampil terbaik Menoreh Carnival.

Acara Menoreh Carnival diikuti oleh sebanyak 23 kontingen yang berasal dari sejumlah kabupaten/kota dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Banten. Kehadiran kontingen Reyog Ponorogo oleh Dinas Pariwisata Ponorogo pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kulonprogo tersebut juga bertujuan sebagai sarana mempromosikan daya tarik wisata, khususnya wisata budaya yang dimiliki Ponorogo, dengan seni Reyog Ponorogo yang telah terkenal dan mendunia. Harapannya agar semakin banyak khalayak yang mengetahui dan tertarik untuk datang berkunjung ke Kabupaten Ponorogo, khususnya menjelang Tahun Wisata 2019 mendatang. – NM

LIHAT FOTO-FOTO KEMERIAHAN PENAMPILAN REYOG PONOROGO DI MENOREH CARNIVAL KULONPROGO, klik disini

Share This: