Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

HAUL Ke-273 Kyai Ageng Muhammad Besari, Bertepatan Dengan New Normal Tempat Ibadah

HAUL Ke-273 Kyai Ageng Muhammad Besari, Bertepatan Dengan New Normal Tempat Ibadah

Ponorogo – Ada yang istimewa dibalik penetapan new normal pada tempat ibadah dan wisata religi di tengah zona kuning pandemi Covid19 di Kabupaten Ponorogo kali ini. Secara simbolis new normal dibuka oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni di Masjid bersejarah Tegalsari, Jetis, Kabupaten Ponorogo sekaligus bertepatan dengan dengan Haul Kyai Ageng Muhammad Besari, Jum’at (03/07/2020).

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan dengan dibukanya new normal di tempat ibadah dan religi nantinya kehidupan masyarakat bisa menjadi normal dengan tetap disiplin dalam mematuhi standar protokol kesehatan.

“Insya Allah, nanti malam akan dilaksanakan HAUL Kyai Ageng Muhammad Besari, di makam ini dan biasanya akan dihadiri oleh Jama’ah yang sangat banyak sekali. Tolong dalam melaksanakan HAUL nanti malam tetap melaksanakan protokol kesehatan”, kata Ipong sebelum secara resmi memotong rangkaian tali bunga di depan makam Agung Kyai Ageng Muhammad Besari, sebagai simbol dibukanya seluruh tempat ibadah dan wisata religi.

Ipong menegaskan kepada panitia HAUL, jika jumlah Jama’ah membludak agar diperluas lokasi HAUL hingga keluar area komplek makam dan masjid Tegalsari.

“Tolong jaga jarak, sampai diluar sana tidak apa-apa, yang penting jaga jarak. Yang tidak pakai masker jangan diperbolehkan masuk di kawasan masjid dan makam”, tegasnya.

Kunto Purnomo, Ketua Yayasan Kyai Ageng Muhammad Besari

Sementara itu, Kunto Purnomo ketua Yayasan Kyai Ageng Muhammad Besari mengungkapkan untuk HAUL Kyai Ageng Muhammad Besari tahun ini karena adanya Covid19 hanya terfokus kepada tahlil akbar pada hari ini tepat ditanggal 12 selo 1441 Hijrah (kalender Islam dan Jawa).

“Mohon maaf kepada seluruh masyarakat pada umumnya, karena kegiatan tidak seperti biasanya diadakan HAUL 7-9 hari kalau ini hanya 1 hari saja dan hanya diadakan tahlil kubro”, jelasnya.

Apang sapaan akrab Ketua Yayasan Kyai Ageng Muhammad Besari itu menambahkan pihaknya bersyukur sekali karena HAUL kali ini bertepatan dengan penerapan new normal untuk tempat ibadah dan wisata religi.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati, kami sangat bersyukur sekali”, pungkasnya.

Khususon ila hadiroti Mbah Kyai Ageng Muhammad Besari .. Alfatihah… Aamiin.

Share This: