Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Kiai Nur Shodiq Al Hafidz Tegalsari

Kiai Nur Shodiq Al Hafidz Tegalsari

Ponorogo – Makam Kiai Nur Shodiq Al Hafidz, Tegalsari, Kabupaten Ponorogo yang terletak 50 meter di barat komplek makam Kiai Ageng Muhammad Besari sebelum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sering dikunjungi peziarah. Makam adik kandung Kiai Ageng Muhammad Besari itu juga disakralkan.

Kicuk Dzurriah, mengatakan dari cerita tutur-tinular dari para eyangnya Kiai Nur Shodiq dalam waktu sehari bisa meletakkan batu bangunan pertama bisa 8-9 masjid. Selain itu, Kiai Nur Shodiq dikenal sebagai ahli administrasi pondok Gebang Tinatar dan sebagai guru Kanuragan bagi santrinya.

“Selain itu, Mbah Nur Shodiq Hafidz Qur’an (Penghafal Al Qur’an). Itu makanya ada gelar Al Hafidznya,” kata Kicuk saat ditemui Jurnalis Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) di makam Kiai Ageng Muhammad Besari, Kamis (21/01/2021).

Mbah Kicuk, sapaan akrabnya mengungkap ada cerita dari Mbah Sujah juru kunci yang lama bahwa Mbah Nur Shodiq juga memiliki kekuatan yang bisa membuat tongkatnya berubah menjadi dirinya saat diundang berbuka puasa oleh kakaknya.

“Kemudian ketahuan oleh Kiai Ageng Mbah Muhammad Besari. Beliau mengatakan “jangan main-main sama orang tua”. Akhirnya Mbah Nur Shodiq datang langsung ke acara buka puasa bersama itu,” jelasnya.

Kemudian Mbah Kicuk menerangkan riwayat meninggalnya Kiai Nur Shodiq Al Hafidz yang lebih dahulu wafat ketimbang kakaknya.

“Mbah Kiai Ageng Muhammad Besari meninggal pada tahun 1747, Mbah Nur Shodiq pada tahun 1715 sudah meninggal,” paparnya.

Sementara itu Khoirul Huda, Kepala Desa Tegalsari menambahkan semenjak makam Kiai Nur Shodiq terbangun menjadi sering dikunjungi oleh para peziarah.

“Alhamdulillah selalu ramai dikunjungi. Itu terlihat pada saat pemberlakuan new normal dulu itu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk saat ini komplek areal wisata religi desa Tegalsari resmi ditutup semenjak diberlakukan PPKM hingga 4 Februari 2021 nanti. Jadi bagi para pengunjung bisa update informasi melalui web kami, atau bisa cek Instagram resmi Disbudparpora @ponorogo.tourism dan instagram official Tegalsari @tegalsariofficial_png.

Share This: