Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Kucur Betoro, Wisata Religi Di Samping Telaga

Kucur Betoro, Wisata Religi Di Samping Telaga

Ponorogo – Sobat Fantastis, pasti akhir-akhir ini sering ke Telaga Ngebel, Kabupaten Ponorogo kan? Nah, sudah tahu sumber mata air bersejarah yang berhubungan erat dengan Kanjeng Raden Batoro Khatong? Tentunya sudah banyak yang tahu kan?

Ya, benar sekali sumber itu dinamakan kucur Betoro. Kucur ini terletak di area wisata Telaga Ngebel. Tepatnya kurang lebih 200 meter dari dermaga Telaga.

Kucur ini biasanya digunakan untuk bersuci bagi wisatawan religius maupun para pemuka adat. Berdasarkan keterangan warga setempat kucur bersejarah ini dulunya digunakan untuk berwudhu atau bersuci bagi Kanjeng Batoro Khatong.

“Dulu Raden Kathong, biasanya menggunakan tempat ini untuk berwudhu dan mensucikan orang yang masuk Islam, berdasarkan perintah para ulama untuk menyebarkan islam di wilayah Wengker”, kata Mino, sukarelawan pembersih makam, Senin (30/06/2020).

Mino mengungkap banyak warga dari luar kota Ponorogo baik Islam maupun non Islam melakukan ritual jamas (pembersihan) menggunakan air Kucur Betoro. Bahkan ada yang sengaja membawa jirigen untuk dibawa pulang.

“Ya, semuanya bisa melakukan jamas, tidak hanya umat Islam saja, bisa kejawen bisa yang lainnya”, terangnya.

Mino menambahkan dilokasi ini juga disediakan tempat ganti pakaian bagi para wisatawan yang ingin jamas atau bersuci.

“Ada dua ruang ganti. Jadi apabila ingin bersuci bisa langsung saja dan jangan lupa bawa pakaian ganti”, pungkasnya.

Nah, pada sudah tahu kan? Mari kita jaga bersama-sama kearifan lokal Telaga Ngebel sebagai bentuk syukur kita atas Anugrah Yang Maha Pencipta dan sebagai warisan untuk generasi anak cucu kita. Ayo Ke Ponorogo dan patuhi standart protokol kesehatan.

Share This: