Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Masjid NU Ponorogo, Diresmikan Tokoh Nasional Pemersatu Bangsa, Hadratus Syaikh Mohammad Hasyim Asy’ari

Masjid NU Ponorogo, Diresmikan Tokoh Nasional Pemersatu Bangsa, Hadratus Syaikh Mohammad Hasyim Asy’ari

Ponorogo – Warga bumi Reyog khususnya umat muslim wajib berbangga kepada para pendahulu yang telah berjerih payah meninggalkan warisan berupa tempat ibadah yang syarat dengan sejarah. Peninggalan itu adalah Masjid Nahdlatul Ulama yang diresmikan langsung oleh pahlawan Nasional sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama Hadratus Syaikh K.H Mohammad Hasyim Asy’ari. Masjid ini juga kental akan persatuan dan kesatuan umat.

Masjid yang terletak di Jl. Sultan Agung, Kabupaten Ponorogo, digunakan oleh semua umat muslim tanpa memandang golongan untuk beribadah. Selain itu masjid NU Ponorogo, saat ini sudah sangat nampak modern namun tidak lepas dari kentalnya sejarah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

“Jadi siapapun boleh disini. Ini sengaja tidak kami pagari biar terbuka untuk saudara-saudari muslim yang ingin beribadah”, kata Djoko Murcahyanto Raharjo Wakil Ta’mir Masjid NU Ponorogo.

Djoko MR sapaan akrab wakil Ta’mir Masjid NU Ponorogo mengungkap masjid NU diresmikan oleh pahlawan Nasional K.H Hasyim Asy’ari. Kemudian masjid ini mengalami pemugaran dua kali.

“Pada tahun 1931 didirikan oleh alim ulama Ponorogo dan diresmikan K.H Hasyim Asy’ari. Lalu di pugar pertama tahun 1977 dan ke dua tahun 2014”, paparnya.

Djoko menambahkan di Masjid ini biasa digunakan oleh warga selain Nahdiyin untuk beribadah. Karena pada dasarnya masjid untuk semua umat Islam.

“Alhamdulillah, saudara-saudari Muhammadiyah, LDII, ormas islam lain sering sholat disini. Kita senang dan lebih tambah semangat, sekarang pemuda pemudi juga makin banyak yang beribadah disini mas”, pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, masjid tersebut sudah hampir selesai dalam pemugaran. Kemudian memiliki parkir yang luas, pengurus masjid yang ramah dan santun serta fasilitas umum yang bersih dan terawat. Jadi sobat Fantastis mari kita jaga sama-sama seluruh situs bersejarah milik Ponorogo.

Share This: