Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Pergelaran Keris Dunia Resmi Dibuka Pertama Kali

Pergelaran Keris Dunia Resmi Dibuka Pertama Kali

Pameran Keris Dunia telah resmi dibuka oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di Pendopo Agung Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Rabu (27/07/2022). Berbagai jenis tosan aji bakal di tampilkan hingga nanti pada tanggal 29 Juli 2022.

Tak hanya pameran di Pendopo Agung, bursa keris pun telah dibuka di halaman gedung Korpri. Pada bursa keris pengunjung dapat memahar tosan aji dan berbagai karya klasik dan kerajinan tangan.

Pada kesempatan itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko sangat mengapresiasi panitia yang sudah susah payah mengadakan kegiatan tersebut. Pagelaran keris dunia yang masuk di agenda Grebeg Suro tentu dapat pula memberikan manfaat untuk uri-uri budaya, menambah kader pecinta keris dan menumbuhkan ekonomi kreatif.

“Sehingga Pemerintah wajib memberikan wadah. Sehingga kreatifitas semakin bagus dan kaderisasi kebawahnya semakin luar biasa,” katanya.

Kang Bupati Sugiri mengungkap selain itu adanya demo tentang bagaimana tentang penempaan keris, pengenalan metalogi, eksoteris dan isoteris tentang keris nantinya generasi muda akan memahami tentang keris tidak hanya sebagai gaman saja. Tapi merupakan budaya yang adiluhung.

“Bahkan UNESCO saja mengakuinya,” terangnya.

Usai menyaksikan tosan aji dari berbagai daerah di wilayah Indonesia dan dari berbagai Negara yang di tampilkan di Pendopo, Kang Bupati Sugiri Sancoko menyempatkan ke Bursa Keris dan melakukan demo pembuatan keris bersama Empu Basuki. Sebelumnya pada Selasa malam (26/07/2022) diadakan Boyong Pusaka yang secara simbolis melambangkan dibawanya keris dari pemilik untuk di pamerkan di Pendopo Agung.

Prosesi Boyong Pusaka dilakukan mulai dari kediaman Presetyo Heru Waskito selaku Ketua SNKI Ponorogo yang dibawa oleh Komunitas Sutresno Pusaka dan Budaya Kyai Tunggul Nogo Ponorogo dengan melalui Jalan Gajah Mada, Jalan Jendral Soedirman, Jl. Aloon-aloon Barat dan Finish di Pendopo Agung. Pada kegiatan tersebut, juga mampu menyedot perhatian masyakarat yang melintas dijalan tersebut. Dan tibalah rombongan di Pendopo Agung lalu dilakukan prosesi serah terima.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi menerima secara simbolis tosan aji yang akan dipamerkan. Usai prosesi dan doa bersama Judha menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian pergelaran keris dunia di agenda Grebeg Suro tahun 2022.

“Yang mana kegiatan ini hasil kerjasama dari Kyai Tunggul Nogo dan SNKI sehingga Pagelaran atau Pameran ini bisa bertaraf internasional atau dunia. Jadi pameran pusaka bertaraf dunia ini baru pertama kali kita laksanakan di Kabupaten Ponorogo ini,” pungkasnya.

Share This: