Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Rekor Dunia Gebyar 2019 Penari Jathil Jadi Rekor MURI ke-8 Bagi Ponorogo Sepanjang Sejarah

Rekor Dunia Gebyar 2019 Penari Jathil Jadi Rekor MURI ke-8 Bagi Ponorogo Sepanjang Sejarah

Lampaui target 2019 penari, event Gebyar 2019 Penari Jathil dianugerahi rekor dunia oleh MURI sebagai Pagelaran Reyog Ponorogo dengan Penari Jathil Terbanyak.

Ponorogo – Satu event akbar dari 10 Top Event Pariwisata Ponorogo tahun 2019 sukses digelar di Aloon-aloon Ponorogo, Minggu (17/2) sore. Acara bertajuk Gebyar 2019 Penari Jathil berhasil menyita atensi masyarakat tak hanya dari Ponorogo namun juga dari sejumlah kota/kabupaten tetangga. Belasan ribu penonton rela berpanasan demi menjadi saksi sejarah dari event akbar tersebut.

Acara dimulai pukul 15.30 WIB tepat usai Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, beramah-tamah dengan para kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur yang tengah berada di Ponorogo untuk kegiatan rapat koordinasi. Rombongan Bupati Ponorogo berjalan dari Pringgitan Rumah Dinas Bupati dengan diiringi oleh penari merak serta dikawal oleh penari warok menuju ke Panggung Utama Aloon-aloon Ponorogo.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, berfoto bersama para kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten/kota se-provinsi Jawa timur sesaat sebelum beranjak ke venue acara Gebyar 2019 Penari Jathil.

Gebyar 2019 Penari Jathil menjadi salah satu event terbesar yang diselenggarakan Pemkab Ponorogo di tahun 2019, dan didaftarkan untuk mendapat rekor MURI. Manajer MURI, Ariani Siregar, menyatakan bahwa MURI menganugerahkan rekor dunia pada Gebyar 2019 Penari Jathil sebagai Pagelaran Reyog Ponorogo dengan Penari Jathil Terbanyak, yaitu dengan jumlah total 2.062 orang penari. Ariani Siregar menambahkan, MURI berharap dengan diselenggarakannya event ini dapat memperkenalkan, mempromosikan, dan mengangkat nama Reyog Ponorogo ke dunia.

“Rekor ini tercatat pada urutan (registrasi) yang ke 8.852, dan kami anugerahkan rekor ini kepada Pemerintah Kabupaten Ponorogo sebagai pemrakarsa”, terang Ariani.

Sementara itu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, dalam sambutannya usai menerima piagam penghargaan rekor dunia dari MURI, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak, utamanya para sesepuh reyog dan tim produksi yang telah berusaha keras menyukseskan Gebyar 2019 Penari Jathil. Bupati Ipong tak dapat menyembunyikan rasa bangganya, terlebih penghargaan rekor ini ialah rekor MURI yang ke-delapan yang didapatkan Kabupaten Ponorogo sepanjang sejarah.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni didampingi istri, Wakil Bupati Sudjarno, Kadispar Lilik Slamet Raharjo, dan Manajer MURI Ariani Siregar memamerkan sertifikat penghargaan dari MURI

“Kita semua berharap, dengan diadakannya event Gebyar 2019 Penari Jathil ini, semakin menambah rasa cinta dan semangat kita semua dalam melestarikan serta mengembangkan seni Reyog Ponorogo”, tegas Bupati Ipong.

Selain itu, Bupati Ipong juga menambahkan, bahwa dengan meriahnya event akbar pertama di kalender wisata Ponorogo tahun 2019 ini, ia yakin program prioritas Pemkab Ponorogo dengan Tahun Wisata-nya akan sukses menarik minat para wisatawan dari luar daerah untuk datang berkunjung menyaksikan berbagai pesona wisata yang ada di Ponorogo. – NM

Share This:

One Response

  1. Jelajah Blitar berkata:

    Mantap ini, terakhir nonton jaranan langsung di Ponorogo tahun 2013.

Comments are closed.