Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Ziarah Bathoro Khatong, Bupati Ipong Ajak Masyarakat, Ingat dan Doakan Pendiri dan Perintis Ponorogo

Ziarah Bathoro Khatong, Bupati Ipong Ajak Masyarakat, Ingat dan Doakan Pendiri dan Perintis Ponorogo

Ponorogo- Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni ajak masyarakat Ponorogo selalu mendoakan dan mengingat jasa-jasa para leluhur pendiri dan perintis Kabupaten Ponorogo. Hal itu dikatakannya usai menziarahi makam Batoro Khatong (Adipati Pertama Ponorogo) dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke 524, Senin (10/08/2020).

“Semoga anak cucu kita ini, tidak lupa dengan sejarah bahwa Ponorogo ini dibangun ada pendirinya, ada yang merintisnya. Jadi anak cucu kita ini harus ingat ada perintis dan pendiri yang harus terus-menerus kita doakan,” tuturnya.

Ipong mengungkap tanpa para pendiri dan perintis kita semua tentu tidak mengenal Ponorogo seperti yang sekarang ini. Maka sudah hal yang wajib dan lazim jika para penerus di hari jadi kota Ponorogo untuk mendoakan.

“Kita mendoakan Beliau langsung di depan makamnya. Agar Beliau diampuni segala dosa-dosanya selalu dirahmati dan diberkahi oleh Allah SWT,” jelasnya.

Bupati Ipong menambahkan setelah berziarah makam Raden Kanjeng Adipati Batoro Khatong, Bupati dan jajaran, Forkopimda serta para Kiai yang hadir melanjutkan berziarah ke makam K.R.M.A Mertonagoro.

“Itu juga salah satu Bupati yang memiliki tonggak dalam sejarah Ponorogo, karena saat Mertonagoro ini lah, yang memindahkan Kota Lama di Kadipaten sini ke Kota Tengah, yang sekarang kita kenal dengan kelurahan Mangkujayan itu,” Pungkasnya.

Sementara itu dalam ziarah makam para pendiri Kabupaten Ponorogo ini, para peserta ziarah makam sangat disiplin protokol kesehatan. Mulai dari penggunaan masker, cuci tangan, pengecekan suhu badan dan pembasan jumlah peserta. Kendati demikian hal tersebut tidak mengurangi kesakralan dan ke khidmatan dalam umbul doa.

Share This: