Jl. Pramuka No. 19A
(0352) 486012

Calon Kakang Senduk Optimis Jadi Duta Wisata Hebat

Calon Kakang Senduk Optimis Jadi Duta Wisata Hebat

Setelah pendaftaran online calon Kakang Senduk Kabupaten Ponorogo ditutup, sebanyak 130 calon Senduk dan 75 Kakang mengikuti tes performance di Gedung Padepokan Reyog, Jl Pramuka No 19 A, Ponorogo, Senin (18/10/2021).

Jumlah peserta tersebut dinyatakan lolos setelah memenuhi syarat administrasi pendaftaran secara online. Selanjutnya, pada tes performance akan dipilih sebanyak 25 pasang Kakang dan Senduk untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

Hera Zuana, Kepala Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga mengatakan pihaknya bersama tim seleksi dari Paguyuban Kakang Senduk Ponorogo menggelar tes tersebut dengan standart protokol kesehatan yang ketat karena masih disuasana pandemi.

“Tes dimulai dari pagi pukul 08:00 pagi sampai jam 04:00 sore dan dilakukan secara bergelombang,” katanya.

Kendati demikian memang pihaknya tidak memungkiri untuk jumlah peserta pada tahun ini memang tidak jauh beda dengan seleksi pada tahun 2019 yang lalu.

“Antusiasnya bagus, minatnya juga banyak. Mungkin dibandingkan dengan tahun lalu, karena dimasa pandemi juga, hampir mirip di tahun 2019,” jelas Hera.

Hal senada di ungkapkan Thridy, Dewan Penasehat Paguyuban Kakang Senduk yang juga menjadi juri pada tes performance kali ini. Pihaknya sangat menginginkan adanya promotor pariwisata apalagi dengan dihantam Covid19, pariwisata perlu bangkit.

“Kalau bicara harapan. Yang pasti kita pengennya duta-duta wisata itu upgrade. Karena memang tahun kemarin tidak ada. Jadi saya pengennya kualitasnya meningkat, jauh lebih baik,” tuturnya.

Thridy menargetkan output Kakang Senduk Ponorogo nanti tidak hanya di Raka-Raki Jawa Timur, yang memang sudah ada setiap tahun. Namun, juga bisa menyalurkan Kakang Senduk menjadi duta-duta lainnya, seperti Duta Dirgantara, Duta Lalu Lintas, Duta Bahasa dan sebagainya.

“Mungkin itu bisa diraih. Karena selama ini sudah ada beberapa Kakang Senduk sudah berada di posisi itu. Cuman, saya pengin outputnya jauh lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, Wicky Rivalino, Ketua Umum Paguyuban Kakang Senduk Ponorogo menambahkan karena pemilihan Kakang Senduk Ponorogo sudah tidak ada selama dua tahun pihak panitia melihat antusiasme yang sangat tinggi pada wajah-wajah para peserta.

“Seluruh peserta Alhamdulillah terlihat lebih siap. Kebetulan kita sudah melakukan technical meeting dan juga disampaikan semuanya dan Alhamdulillah peserta melakukan persiapan dengan baik dan terlihat kesiapannya,” Imbuhnya.

Disisi lain, para peserta memang terlihat sangat antusias pada tes performance kali ini. Peserta nampak bersemangat dan optimis mampu lolos menjadi Kakang dan Senduk Ponorogo.

“Rasanya deg-degan, campur senang, campur pengen lolos yang pasti. Meskipun saya dari SMA desa, dari SMA Kecamatan, saya kepingin lolos,” ucap Nabila Eka Nurlaili, Calon Senduk yang masih pelajar di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Slahung.

Senada dengan Eka, calon Kakang yang bernama Pria Dwi Fernando pelajar SMAN 1 Babadan yang tidak kalah antusias dan optimis pada pendaftaran Kakang Senduk tahun 2021, berambisi untuk menjadi Kakang yang mampu duta wisata.

“Semoga wisata di Ponorogo segera dibuka dan dilestarikan,” pungkasnya.

Share This: